Copot Aja Deh ! Deretan Aplikasi Android Populer Ini Malah Bikin Smartphone Bermasalah !

0
1238
Copyright©Detik Info

Daftar Aplikasi Android Yang Ternyata Bikin Ponselmu Gampang Lowbat !

Eratekno.comUntuk menunjang kinerja smartphone mereka agar bisa lebih berjalan lebih maksimal, para pengguna HP Andorid kini banyak menginstall berbagai aplikasi Android ke dalam ponsel mereka. Entah itu aplikasi yang sering di pakai atau hanya sebagai hiasan saja karena saking jarangnya di gunakan.

Beberapa aplikasi Android ini punya fungsi vital yang jika dihapus akan mengurangi kinerja smartphone tersebut. Namun dibalik semua fungsinya, ada lho beberapa aplikasi Android yang membuat smartphone bermasalah terutama dari sisi daya tahan baterai. Yups, aplikasi ini membuat baterai smartphone cepat habis.

Salah satu yang paling mengejutkan adalah WhatsApp. Yups, aplikasi Android populer ini menduduki posisi empat teratas dalam daftar aplikasi paling cepat menghabiskan daya baterai menurut riset Uswitch.

Baca juga : Copot Sekarang Belasan Aplikasi Android Populer Ini Ternyata Bikin Smartphone-mu Lelet !

Tak hanya WhatsApp, bahkan Facebook dan Google juga tergolong bikin baterai ponselmu boros.

Riset yang dilakukan Uswitch diawali dengan mengkurasi 50 aplikasi yang paling banyak di-download, baik di Google Play Store, Apple App Store, maupun Windows. Selanjutnya, mereka menggunakan metode untuk melihat seberapa banyak izin akses aplikasi yang membebankan konsumsi baterai pada perangkat.

Copyright©Uswitch

Hasil riset yang dilakukan Uswitch menempatkan aplikasi Google di peringkat pertama yang paling membuat baterai boros dengan 72 izin akses. Tak hanya Google, aplikasi Android di posisi dua ada Facebook (50 izin akses), ketiga Messenger (46 izin akses), keempat WhatsApp (41 izin akses), dan kelima ada Amazon Alexa (39 izin akses).

Baca juga : Ada Larangan Pakai Aplikasi WhatsApp, Kenapa YA?

Menurut Uswitch, izin akses aplikasi memang tergolong wajar. Tidak ada yang aneh dengan izin yang sebanyak itu, apalagi untuk memaksimalkan kemampuan aplikasi.

“Dan meskipun ini terdengar menakutkan, sebagian besar aplikasi memerlukan izin agar dapat berfungsi dengan baik. Dan sebagian besar, sangat masuk akal. Instagram perlu mengakses kamera agar Anda dapat memposting foto. Dan pengemudi Uber Anda akan kesulitan menemukan Anda tanpa bisa mengakses lokasi Anda,” terangnya.

Memang sih sederet aplikasi Android diatas bagi sebagian orang punya fungsi yang penting sehingga mereka enggan untuk menghapusnya. Tapi semua itu kembali ke kalian, mau hapus atau tidak.

Baca juga : 3 Aplikasi Android Andalan Pengguna Ini Menghilang dari Google Play Store, Kenapa YA?