Copot Sekarang ! 3 Aplikasi Android Ini Bisa Intai Pesanmu Lho !

0
1002
Copyright©Sindonews

3 Aplikasi Android di Play Store Ini Ternyata Mengandung Malware 

Eratekno.comSudah bukan rahasia lagi jika belakangan ini kerentanan Android memang tengah menjadi sorotan karena ada ditemukan banyak celah malware berbahaya. Dan di awal tahun 2020 ini, kabar kurang menyenakkan kembali datang untuk para pengguna HP Android.

Bagaimana tidak menurut peneliti di Tren Micro terdapat spyware baru yang mampu memata-matai semua pesan di Facebook, Gmail atau bahkan Outlook yang tersembunyi pada Aplikasi Android di Google Play Store.

Di lansir dari laman Giz China, Virus sudah terlihat di kode tiga aplikasi Android yang tersedia di Google Play Store. untuk mengumpulkan data pribadi para korbannya, malware mengeksploitasi beberapa kerentanan keamanan.

Baca juga : Siapkan Diamondmu, Hero Keren Ini Bakal Hadir di Mobile Legends Pekan Depan !

Dalam blognya pada 6 Januari 2020, Trend Micro menjelaskan setelah di selidiki, para peniliti mendeteksi keberadaan spyware yang tujuan utamanya adalah untuk mengumpulkan informasi pengguna. Menurut peneliti, untuk memasuki HP Android para korban, malware ini menyamar sebagai aplikasi Android yang tidak bahaya.

Sejauh ini ada tiga aplikasi Android dari Google Play Store yang telah mengandung spyware ini. menurut survey, mereka sudah beroperasi sejak Maret 2019 lalu. Aplikasi apa sih? Ketiga aplikasi yang di maksud adalah Cameo, FlieCrypt dan Callcam.

Copyright©Jalantikus

Setelah di ingatkan oleh para ahli, Google dengan cepat menghapus aplikasi itu dari Play Store. usai disusup ke ponsel, malware mengeksploitasi kerentanan keamanan sistem Android lama. di bawah kondisi ini, ponsel tertua yang belum mendapatkan tambalan untuk waktu lama adalah yang paling rentan.

Baca juga : Sebelum Nyesel, Deretan Virus Bahaya di WhatsApp Wajib Kamu Waspadai !

Malware ini bahkan akan melakukan rooting pada HP Android untuk menginstall beberapa file APK dari jarak jauh. Dalam beberapa kasus, virus juga mengandalkan pelanggaran SoC MediaTek.

Setelah selesai akan mengumpulkan semua data yang ada di perangkat termasuk di WeChat, Outlook, Twitter, Yahoo Mail, Facebook, Gmail atau bahkan Google Chrome. Dalam prosesnya juga mengambil dokumen yang disimpan (foto, video dll).

Untuk menghindarinya pengguna Android di sarankan untuk tidak menginstal aplikasi Android dari pengembang tak dikenal sekalipun itu tersedia di Google Play Store.

Baca juga : PUBG Mobile Season 11 Hadirkan Mode Domination, Begini Lho Cara Mainnya !