Demi Keamanan Pengguna, Apple Tendang 700+ Aplikasi di App Store!

0
85
Copyright©suara.com

Apple Hapus Deretan Aplikasi Yang Menyalahi Aturan 

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bahwa Apple bukanlah pemain besar di pasar China, namun aplikasi-aplikasi yang ada di App Store kerap kali digunakan oleh pengguna iPhone di China. Selain dikenal dengan pasar Smartphone terbesar di Dunia, China juga menjadi salah satu pasar kompetitif yang agresif. Bahkan pabrikan sekelas Apple ini menurut IDC berada di posisi kedua di pasar global.

Baca Juga : Apple Hapus Aplikasi Stiker WhatsApp dari App Store, Ada Apa?

Kendati demikian, pabrikan asal Cupertino ini tidak bisa mengabaikan pasar-nya di China, jika perangkat keras kurang diminati, maka berbeda dengan penjualan aplikasi melalui App Store yang mampu mengeruk banyak uang.

Apple sendiri kembali meningkatkan keamanan bagi penggunanya dengan sebuah strategi baru untuk merapikan aplikasi di App Store dan beberapa waktu ini Apple dikabarkan telah menghapus ratusan aplikasi marketplace miliknya sejumlah 700 lebih aplikasi di awal minggu ini. Apa alasannya?

Perlu diketahui bahwa hal ini dikarenakan aplikasi tersebut melanggar aturan Apple terkait pembaruan aplikasi. Seperti pedoman yang diterapkan oleh Apple telah menyebutkan bahwa pembaruan aplikasi seperti fitur baru atau keamanan, hanya bisa diunduh melalui App Store alias mereka harus mendapatkan persetujuan Apple terlebih dahulu sebelum pembaruan tersebut akan diverifikasi oleh Apple dan diluncurkan ke publik.

Copyright©App Store

Dan sepertinya aplikasi ini sudah menyalahi ketentuan yang ada, dimana aplikasi-aplikasi yang dihapus tersebut telah melanggar aturan App Store yang melarang pembuat aplikasi untuk memberikan pembaruan tanpa seizin Apple.

Apple sendiri sebenarnya sudah sempat memberi peringatan kepada developer tentang aturan yang ada sejak dua tahun lalu, namun nyatanya sejauh ini masih ada yang menyalahi aturan tersebut. Sehingga Apple ingin mengekang kebiasaan tersebut untuk menjamin keamanan penggunanya.

Sekedar informasi bahwa sebelumnya Apple sendiri juga sempat menghapus ribuan aplikasi dari App Store China pada bulan Agustus lalu. Penghapusan tersebut dikarenakan aplikasi tersebut merupakan aplikasi perjudian yang jelas menyalahi aturan, sehingga Media Pemerintah China memperingati Apple agar lebih ketat dalam mengontrol App Store di China.

Baca Juga : Diblokir Facebook, Apple, dan Youtube, inilah Sosok Alex Jones!