Demi Kenyamanan Pengguna, Youtube Hapus Fitur Mengganggu di Videonya!

0
125
Copyright©Tribunnews

Youtube Bakal Hapus Fitur Anotasi di Video

Eratekno.comYoutube merupakan sebuah situs berbagi video yang bisa digunakan untuk mengunggah, menonton maupun berbagi video. Berbicara tentang situs web yang sangat populer itu, belum lama ini berhembus kabar jika situs tersebut akan menghilangkan catatan video atau anotasi yang muncul ketika video sedang di putar.

Bahkan di halaman YouTube Help tertera sebuah tulisan yang mengatakan jika situs yang dibentuk pada tahun 2005 ini akan memberhentikan tampilan catatan video atau anotasi kepada para penonton mulai tanggal 15 Januari 2019.

Baca juga: Mudah Banget! Berikut 2 Cara Unduh Video Youtube Langsung Dengan Format MP3

Seperti yang diketahui jika anotasi merupakan sebuah fitur yang memungkinkan para penonton untuk menambahkan informasi lebih lanjut setelah mengunggah video. Informasi tersebut terletak di bagian jendela pop-up transparan yang menutup dari sebagian tempat video.

Copyright©Tribunnews

Sebelum menghentikan fitur anotasi, ternyata YouTube sudah lebih dahulu menghentikan fitur annotations editor. Tidak berbeda jauh dengan fitur anotasi, dengan menggunakan fitur annotations ini para pengguna bisa menambah atau merubah anotasi dalam video yang mereka tonton.

Baca juga: Cara Paling Mudah Hapus Riwayat Pencarian Youtube di Android

Demi kenyamanan para pengguna kini YouTube kembali menutup satu fitur. Tak hanya menutup kali ini situs web ini juga akan menghapus semua yang berkaitan dengan fitur anotasi tersebut. YouTube sengaja melenyapkan fitur tersebut, dikarenakan menurunkannya penggunan fitur tersebut hingga 70%.

Menurunnya pengguna ini disebabkan oleh  banyaknya pengguna YouTube yang beralih ke mobile. Hal itulah yang rupanyaa menjadi alasan utama YouTube menghapus fitur jendela pop-up ini. Sebenarnya fitur anotasi ini sudah dihilangkan sejak tahun 2017 silam.

Dengan dihilangkannya fitur anotasi ini membuat pengguna saluran tidak bisa lagi menganatosi video seperti mengedit dan menghapusnya. Meski demikian video anotasi ini akan tetap muncul jika diakses melalui desktop.

Sebagai gantinya, YouTube telah meyiapkan fitur baru bernama Cards dan End Screens. Dengan fitur tersebut membuat pengguna merasa lebih nyaman karena hadirnya fitur tersebut membuat video terlihat lebih interaktif.

Fitur End Screens sudah tersedia sejak lama di YouTube, sementara untuk fitur Cards sendiri baru akan dirilis.

Baca juga: Cara Mudah Menyimpan Video Youtube Untuk Bisa Ditonton Lain Waktu!