Diblokir Facebook, Apple, dan Youtube, inilah Sosok Alex Jones!

0
264
Copyright©the Verge

Alex Jones Langgar Kebijakan Facebook dan Youtube

Eratekno.com – Pekan ini, Youtube telah resmi memblokir channel milik Alex jones. Alasan penutupan ini karena Jones dianggap sudah melanggar Community Guideline dari layanan mereka saat ini.

Layanan milik Google tersebut tidak sendirian, sebelumnya pihak Facebook lebih dulu menghapus 4 laman fanpage milik Jones. Perusahaan Apple juga telah mencabut lima dari enam podcast infoWars milik Jones, begitu juga dair Spotify juga telah menutup program dari Jones.

Baca juga: Cara Paling Aman Main Youtube di Android

“Apabila pengguna berulang kali melanggar ketentuan (Community Guideline), seperti soal ujaran kebencian dan harassment… kami akan mematikan akun mereka”kata pihak YouTube dikutip dari laman Kompastekno.

Lantas siapa sosok Alex Jones yang telah memicu reaksi kemarahan para perusahaan teknologi itu? Rupanya pria berusia 44 tahun tersebut menjadi sosok kontroversial yang berasal dari Amerika Serikat dan mendapat sebutan biang hoaks dan juga penyebar ujaran kebencian baik di Youtube hingga Facebook.

Copyright©the Verge

Salah satu kontroversi yang ia buat adalah menyebut kejadian penembakan Sandy Hook tidak pernah terjadi, padahal kejadian itu benar-benar terjadi pada tahun 2012 silam, dan menewaskan 28 orang yang sebagian besar adalah anak-anak.

Baca juga: Kabar Gembira, Kini Video Horisontal YouTube bisa Ditonton Vertikal di Android Lho !

Lalu tudingan konspirasi yang ia lontarkan bersifat liar dan tak masuk akal, dan justru cenderung kearah rasis. Ia menyebutkan jika Hillary Clinton adalah ‘Setan’, dan bahkan ia menuduh jika Uber dan berbagai layanan kesehatan di AS telah dikendalikan oleh ‘Mafia Yahudi’.

“Kami menghapusnya (laman Alex di Facebook) karena glorifikasi kekerasan dan menggunakan bahasa yang merendahkan saat mengacu pada transgender, Muslim, dan imigran. Ini melanggar ketentuan ujaran kebencian kami” kata pihak Facebook.

Namun langkah pemblokiran Alex Jones akun yang dilakukan oleh Youtube, FB, hingga Apple ini mendapat sebuah tentangan dari sejumlah pihak, karena mereka disebut membatasi kebebasan berpendapat dan dinilai melanggar amanat amandemen pertema konsititusi Amerika Serikat.

Terkait hal itu ada argumen, jika pengelola sosial media tersebut merupakan perusahaan Swasta yang tidak harus mematuhi amandemen tersebut, mereka memiliki hak untuk melakukan memoderasi konten miliknya sendiri.

Baca juga: Hore, Youtube Android Kini Dapat Mode Gelap, Sudah Coba?