Dijamin Ampuh! Begini Cara Mengatasi ‘OK Google’ di Smartphone Android Yang Tidak Berfungsi

0
261
Copyright©webtekno.com

3 Cara Mudah Mengatasi ‘OK Google’ Tidak Berfungsi di Smartphone Android

Eratekno.com – Mungkin semua pengguna Smartphone Android sudah mengetahui fitur ‘OK Google’ di masing-masing perangkatnya. Dimana fitur ini telah dibekali dengan teknologi berbasis artificial inteligence (AI) yang memudahkan aktivitas penggunanya seperti mengirimkan pesan tanpa harus menyentuh keyboard.

Baca Juga : Wajib Dicoba, Begini Cara Internetan Gratis di Android

Namun, pernahkah kalian mengalami sebuah masalah pada fitur canggih tersebut, seperti tidak berfungsi dengan baik? Hal ini tentunya membuat kalian kurang nyaman karena menghambat aktivitas yang hendak dilakukan, tapi jangan khawatir! Karena kalian sebenarnya bisa dengan mudah mengatasi permasalahan tersebut dengan beberapa cara. Seperti apa? Langsung simak nih, Berikut 3 cara mengatasi fitur ‘OK Google’ yang tidak berfungsi di Smartphone Android.

3 Cara Mengatasi Fitur ‘OK Google” Yang Tidak Berfungsi

Periksa Kembali Pengaturan Bahasa

Copyright©JalanTikus

Cara pertama adalah dengan mengecek kembali pengaturan bahasa di HP kalian. Dengan cara masuk ke menu Settings >> menu Google >> tab Services dan pilih menu Search > Voice untuk pergi ke pengaturan suara. Pilih opsi Language dan pilih pengaturan bahasa utama dan bahasa cadangan untuk mengakses Google Assitant.

Cek Fungsi Mikrofon

Copyright©the-gadgeteers.com

Mengingat fitur ini berupa aplikasi berbasis suara, maka kalian bisa periksa kondisi mikrofon, bisa saja lubang mikrofon perangkat kalian terhalang oleh tumpukan debu atau kotoran kecil lainnya. Maka dari itu, bersihkan dengan cutton bud dengan hati-hati dan coba kembali fungsi mikrofon.

Reset Pengaturan Google Assistant

Cara yang terakhir ini bisa sangat membantu kalian, yakni dengan melakukan restart pengaturan Google Assistant di Android. Dengan begitu kalian akan kembali ke pengaturan semua atau dari awal, begini caranya:

Copyright©JalanTikus
  • Masuk ke menu Settings >> Search >> Voice >> OK Google Detection atau Voice Match.
  • Aktifkan toogle pada pilihan ‘Say OK Googkle any time’, sehingga kalian akan digiring ke pengaturan awal Google Assitant.
  • Ikuti langkah pengaturan seperti biasa dengan cara menyebutkan perintah Ok Google dan Hey Google, maka kalian berhasil merestart Google Assitant.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi fitur ‘OK Google’ yang tidak berfungsi di Smartphone Android dengan mudah dan ampuh. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Tanpa Root! Berikut Cara Sadap Panggilan Telepon di Smartphone Android