Disandingkan Vivo APEX, Layar iPhone X Dibuat Kelihatan Kuno

0
794
Vivo APEX
copyright©teknokompas

Vivo APEX buat iPhone X Terlihat Kuno Pada bagian ‘Poni’ dan Bingkai Layar

Eratekno.com – Sekitar 1,5 tahun lalu konsep ponsel berbingkai tipis berhasil dipopulerkan oleh Xiami melalui perangkatnya Mi Mix. Meskipun mendapat julukan ‘tanpa bingkai’ atau bezeless, namun ternyata layar ponsel ini biasanya tidak benar-benar tak memakai bingkai.

Dikatakan demikian karena pada smartphone selalu ada komponen yang mesti diletakkan di luar layar. Dengan begitu, sejumlah pabrikan pun perlu berkompromi seperti dengan membuat bingkai di bagian bawah layar yang jauh lebih tebal dibandingkan dengan sisi lainnya pada Xiaomi Mi Mix dan juga bingkai yang sedikit menjorok ke dalam layar pada essential phone dan iPhone X.

Baca juga : Konsep Vivo APEX, Smartphone Desain Super Tipis dengan Kamera Seperti Periskop

Akan tetapi semua itu berbeda halnya dengan Vivo APEX yang menjadi smartphone terbaru Vivo. Cukup diketahui jika perangkat ini dipamerkan oleh sang vendor pada arena Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol awal pekan kemarin. Smartphone ini mempunyai bagian depan yang hampir seluruhnya tertutup oleh layar.

Terlihat nyaris tak ada bingkai sama sekali yang nampak pada layar depan smartphone terbaru Vivo ini. Bingkai di sisi atas, kanan dan kiri layar nampak sangat tipis dengan ketebalan hanya 1,8 mm dan bezel di sisi bawah hanya setebal 4,3 mm. Rasio layar terhadap bodi ponsel ini pun tercatat sangat besar yakni di angka 95 persen.

Vivo APEX
copyright©teknokompas

Jika dibandingkan, Xiaomi Mi Mix tercatat hanya memiliki rasio screen-to-body 83 persen, sedangkan iPhone X memiliki 82 persen. Pada saat itu wartawan Fobes yang menyandingkan perangkat tersebut dengan iPhone X ikut berkomentar. Dia menyebut jika Vivo APEX membuat iPhone X terlihat kuno dengan bagian ‘Poni’ yang menonjol dan bingkai layar yang lebih tebal secara keseluruhan. Lalu bagaimana sebenarnya cara Vivo mewujudkan Apex yang nyaris tanpa bingkai ini?

Pabrikan asal China tersebut nampak menyembunyikan sebagian komponen di balik layar super tipis tersebut. Sedangakan untuk pemindai sidik jari in-display scanner menyatu pada layar. Lalu ada pula sensor jarak (proximity sensor) dan earpiece alias speaker telepon yang disembunyikan di balik layar.

Baca juga :  Vivo Usung Ponsel Fingerprint Bawah Layar Keren di Barcelona !

Untuk cara kerja earpiece Vivo APEX sendiri mirip sekali dengan metode piezoelectric Xiaomi Mi Mix yakni suara dihantarkan ke telinga melalui getaran di layar. Untuk kamera bagian depan disembunyikan di sisi atas dan kamera tersebut baru akan muncul dengan metode pop-up ala lampu flash di kamera saku jika dipanggil melalu aplikasi kamera.

Namun meskipun menarik, sayangnya perangkat bezel super tipis Vivo ini baru berupa konsep saja. Hingga kabar ini beredar belum diketahui dengan pasti kapan smartphone ini benar-benar akan dihadirkan di pasaran.

Baca juga :  Blue Vivo X Rilis, Smartphone Khusus Selfie dengan Empat Kamera, Harganya?