Download Stiker Whatsapp Sembarangan, Bahaya Ini Mengintaimu!

0
395
Copyright©MySmartPrice

Penipuan Berkedok Stiker Gratis Whatsapp Beredar

Eratekno.com – Seperti yang kita ketahui, jika aplikasi pesan instant Whatsapp baru saja meluncurkan fitur baru dimana para pengguna kini bisa mengirim sticker digital kepada pengguna lainnya.

Namun, tak lama setelah fitur baru Whatsapp ini dirilis, langsung saja dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk melakukan penipuan kepada sejumlah pengguna aplikasi milik Facebook tersebut.

Baca juga: Cara Membaca Pesan Yang Terhapus di Whatsapp

Seperti yang sudah, karena tingginya minat para pengguna bisa menikmati fitur baru Whatsapp ini maka mereka melakukan modus penipuan dengan membagikan sejumlah link atau tautan ke sebuah grup chatting.

Dalam keteranganya, pelaku menjanjikan pengguna bisa mendapatkan sticker gratis Whatsapp nantinya. pada pesan penipuan itu, para pengguna diminta untuk mengunjungi situs berikut ini: http://stickers.newemoji.online atau https://stickers.whatsapp.gratis.

Copyright©Kumparan

Setelah itu, para pengguna juga diminta untuk membagikan pesan tersebut ke 20 pengguna Whatsapp, lalu mereka dijanjikan bakal mendapatkan sticker gratis dan bisa dipakai nantinya. Jika anda mendapatkan pesan seperti ini, maka jangan sampai terkecoh dan menjadi korban penipuan tersebut.

Baca juga: Gampang Banget! Begini Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp

Perlu diketahui, jika untuk bisa menggunakan fitur baru Whatsapp ini, pengguna tidak bisa langsung mendownloadnya dari pihak luas. Anda harus melakukan update aplikasi ke versi 2.18.327, sementara saat ini aplikasi Whatsapp di Android masih versi 2.18.229.

Alih-alih mendapatkan sticker gratis, apabila anda mengakses URL atau Link tersebut maka bakal diarahkan ke sebuah survei dimana anda diminta untuk mengisi sejumlah data pribadi terlebih dahulu.

Copyright©Kumparan

Menurut Alfons Tanujaya, selaku pakar keamanan siber dari Vaksincom mengatakan, jika modus penipuan ini adalah aksi licik scamming. Para penjahat siber tersebut merangcang cara untuk mendapatkan data pengguna secara sukarela dari pengisian data survei tadi.

“Cara yang digunakan kurang terpuji dengan menyebarkan scam yang memanfaatkan popularitas stiker Whatsapp yang kalau di-klik akan mendapatkan iming-iming HP mahal dan diarahkan untuk mengisi data,” kata Alfons dikutip dari Kumparan.

Selann itu, ancaman lain yang mengintai para pengguna Whatsapp adalah smartphone mereka terancam terserang malware atau virus Ransomware yang merugikan pengguna.

“Pengunjung situs yang telah dipersiapkan akan menjadi sasaran ransomware yang mengeksploitasi celah keamanan pada software sehingga secara otomatis malware akan aktif dan berjalan mengenkripsi data perangkat korbannya dengan hanya mengunjungi situs yang telah dipersiapkan,” tambahnya.

Baca juga: Ada Fitur Baru, Begini Cara Mengirim Sticker di Whatsapp!