Error? Begini Cara Mudah Atasi Kamera WhatsApp Tidak Bisa Dibuka!

0
213
Copyright©youtube

Cara Mengatasi Kamera WhatsApp yang Bermasalah

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa sekarang ini hampir semua pengguna Smartphone telah mengandalkan sebuah aplikasi untuk memudahkan segala aktivitas sehari-hari, salah satunya adalah berkomunikasi. Adapun aplikasi pesan instan yang populer dan banyak digunakan untuk saat ini adalah WhatsApp.

Baca Juga : Bisa Jadi Bukti, Begini Cara Mudah Rekam Panggilan Suara di WhatsApp Android!

Ya, selain mudah untuk digunakan, aplikasi per-pesanan yang berada di bawah naungan Facebook ini juga menyediakan berbagai macam fitur menarik di dalamnya. Sehingga, pengguna bukan hanya memanfaatkan aplikasi ini untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan saja, tetapi juga bisa mengirimkan gambar dan aplikasi lain dengan mudah. Bahkan, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna bisa mengambil gambar secara langsung atau dari galeri untuk dibagikan di WA Story.

Copyright©shobatasmo

Namun, terkait hal itu ada beberapa pengguna yang mengatakan bahwa dirinya tidak bisa mengakses kamera karena mengalami error dengan notifikasi ‘Tidak dapat memulai Kamera silahkan mulai ulang telepon anda’. Kalian juga pernah? Nah, bagi kalian yang mengalami hal semacam ini, sebaiknya coba nih, cara mengatasi kamera WhatsApp yang bermasalah berikut ini.

Cara Mengatasi Kamera WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Aktifkan Izin Akses Kamera

Hasil gambar untuk Aktifkan Izin Akses Kamera Whatsapp
Copyright©siti syarah

Cara pertama adalah mengaktifkan izin akses kamera di perangkat. Untuk memberikan izin, kalian bisa masuk ke menu Pengaturan Ponsel >> Aplikasi / Manager App >> lalu cari aplikasi WhatsApp >> pilih menu izin dan silahkan kalian aktifkan semua izin yang dibutuhkan aplikasi agar lebih optimal.

Bersihkan File Cache Ponsel

Hasil gambar untuk Bersihkan File Cache Ponsel Whatsapp
Copyright©HiTekno.com

Jika cara pertama belum mengatasi masalah tersebut, maka kalian bisa bersihkan file cache atau sampah aplikasi, karena dengan penumpukan cache ini bisa membuat performa Smartphone semakin menurun dan bisa menyebabkan crash. Maka kalian perlu membersihkan cache tersebut secara rutin.

Update Aplikasi

Hasil gambar untuk Update Aplikasi Whatsapp
Copyright©ponselgue

Jika belum selesai juga, kalian bisa melakukan update pada aplikasi WhatsApp untuk memperbaiki bug yang ada di versi sebelumnya. Saat kalian menggunakan versi lawas, mungkin saja ada bug di fitur kamera, sehingga menyebabkan fitur tersebut tidak bisa diakses. Untuk itu update aplikasi ke versi paling baru melalui App Store atau Google Play Store.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi Kamera WhatsApp yang tidak bisa dibuka atau mengalami error tanpa ribet. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Belum Tahu? Inilah Trik Tersembunyi Baca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirim!