Facebook Bakal Punya Tombol Pelacak Iklan Penyusup, Pencuri Data Bisa Ketahuan!

0
413
Copyright©The Conversation

Facebook Akan Rilis Tombol ‘Why Am I Seeing This Ad’

Eratekno.comFacebook merupakan media sosial paling populer dan digemari banyak orang, lantaran menyediakan berbagai macam fitur menarik yang bisa membuat pengguna semakin betah menggunakannya. Layanan jejaring sosial raksasa ini sendiri kembali dikabarkan akan meningkatkan platform-nya dengan menghadirkan sebuah tombol pelacak iklan penyusup.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Download Video Facebook Terbaik di Android 2019

Dimana tombol ini bernama ‘Why Am I Seeing this Ad’ (mengapa saya melihat iklan ini) yang kabarnya akan dirilis di akhir bulan ini. Adapun fungsi dari tombol ini sendiri adalah untuk mengungkapkan lebih banyak informasi tentang data apa saja yang digunakan Facebook, khususnya dalam penggunaan iklan. Seperti contoh, saat pengguna melihat salah satu iklan dari e-commerce maka mereka akan mengetahui dari mana iklan tersebut berasal.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Facebook dalam keterangan resminya, bahwa “Apakah dari data yang didapat oleh Facebook, atau dari e-commerce bersangkutan yang mengunggah data pribadi milik pengguna,” jelasnya.

Terkait hal ini sendiri, Facebook mengatakan bahwa iklan yang ditampilkan ini memang untuk sejumlah kelompok tertentu, seperti seorang Perempuan berusia di bawah 35 tahun yang ditinggal di Inggris. Dan perlu diketahui bahwa pengiklan atau pihak ketiga lainnya bisa saja mengunggah informasi secara langsung ke platform yang menampilkan iklan sesuai informasi yang mereka kumpulkan.

Copyright©merdeka.com

Untuk lebih jelasnya, seperti contoh lagi, saat pengguna berbelanja di salah satu e-commerce. Maka mereka akan mengunggah identitas pribadinya mulai dari alamat email, nama lengkap, dan nomor telepon ke Facebook. Nah, inilah yang akan disesuaikan dengan iklan yang akan tampil di platform.

Seperti yang telah dijelaskan oleh Facebook, bahwa “Ini beberapa contoh mengapa kami bisa mengetahui nomor telepon pengguna, dan bahkan, jika pengguna merasa tidak pernah menginput sekali pun. Tentu saja masih ada data lain yang kami miliki, yang tentunya, pengguna tidak dapat melihatnya,”

Dengan adanya tombol baru yang dihadirkan oleh Facebook ini sendiri diklaim memang langkah yang tepat, hanya saja untuk mereka masih dianggap belum transaparan dalam menyimpan data dan informasi pengguna dengan alasan pengguna tidak memiliki banyak kendali atas hak privasi.

Baca Juga : Sudah Bisa, Begini Cara Hapus Pesan Terkirim di Facebook Messenger!