Facebook Dapatkan Lisensi Musisi dan Penulis Lagu dari Tiga Label Untuk Platformnya, Siapa Saja?

0
272
copyright©metronews

Dukung Musik Berlisensi Pada Video, Facebook Pegang Lisensi Tiga Label Besar, Siapa Saja?

Eratekno.com – Facebook saat ini memang di ketahui sebagai salah satu platform media sosial yang cukup banyak penggunanya. Tak hanya Facebook, dua anak usaha besutan Facebook yakini WhatsApp dan Instagram pun kini juga tengah menuai kepopuleran dengan jumlah pengguna yang banyak.

Sebagai media sosial yang populer dan memilki banyak pengguna, Facebook pun terus melakukan inovasi untuk platform miliknya demi kenyamanan penggunannya.

Seperti baru-baru ini, Facebook telah mendapatkan lisensi dan label music utama untuk mendukung inisiatif terkait penggunaan music berlisensi pada video yang di gunakan di Facebook, Facebook Messenger, Instagram dan Oculus.

Baca juga: Meski Mendapat Larangan, Facebook Tetap Ujicoba Sistem Pengenalan Wajah !

Warne Music Group sendiri telah mengumumkan bahwa pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan Facebook untuk menambahkan seniman yang di naunginya ke daftar lisensi music milik Facebook. Sebelunya, label ternama Universal Musix Group dan Sony / ATV Music Publishing telah terlebih dahulu mencapai kesepakatan.

[email protected]

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, musisi dan penulis lagu yang di naungi oleh Warner akan memperoleh royalty dari video yang di ciptakan oleh penggamar dan menggunakan lagu yang mereka ciptakan atau populerkan.

Hal ini juga menguntungkan pengguna Facebook atau Instagram karena memungkinkan mereka menghindari video yang berisi bagian lagu berlisensi di hapus secara otomatis dari platform akibat pelanggaran hak cipta.

Baca juga: Mudah dan Nggak Ribet! Berikut Ini Cara Menghapus Semua Status di Facebook yang Kamu Anggap Nggak Penting

Tak hanya itu saja, kesepakatan ini juga di nilai akan mendorong lebih banyak pengguna untuk menciptakan dan berbagi karya mereka di platform, hal yang memang menjadi fokus Facebook selama beberapa bulan terakhir. Setelah mencapai kesepakatan dengan tiga label besar, Facebook pun masih memiliki pekerjaan rumah untuk menyelesaikan kesepakatan dengan label music lainnya.

Saat ini, Facebook sendiri di laporkan tengah berdiskusi untuk menyelesaikan kesepakatannya dengan Merlin agar bisa menambahkan seniman lain pada daftar berlisensi miliknya. Diskusi tersebut telah mencapai perkembangan baik dalam kurun waktu beberapa bulan.

Sementara itu, belum lama ini Facebook dan dua anak usahanya yakni WhatsApp dan Instagram di tuntut oleh Blackberry atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan perpesanannya.

   Baca juga Biar Nggak Ribet! Berikut Ini Cara Menghubungkan Akun Instagram dengan Akun Facebook dengan Mudah