Facebook Ungkap Ciri-Ciri Akun Palsu Yang Bertebaran di Medsos!

0
291
Copyright©Fox News

Berikut Ini Ciri-Ciri Akun Palsu Yang Ada Facebook

Eratekno.com – Seiring dengan berjalannya waktu, kini semakin banyak akun palsu yang bertebaran di media sosial dengan membawa beberapa informasi tidak asli alias hoax untuk mempengaruhi pengguna lain. Terlebih sekarang ini sudah banyak media sosial yang dihadirkan, sehingga memudahkan para pelaku penyebar hoax untuk menyebarkan berita palsu, termasuk Facebook. Ya, jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini memang sangat populer, jadi tak heran jika menjadi salah satu media penyebaran hoax.

Baca Juga : Mudah Banget! Begini Cara Mengaktifkan Fitur Follow di Facebook

Biasanya pelaku penyebaran hoax ini sendiri menggunakan akun palsu untuk membuat pengguna lain lebih percaya dan meyakini berita tersebut. Namun, terkait hal ini Facebook sendiri telah mengungkapkan ciri-ciri akun palsu yang biasanya bertengger di media sosial mereka. Sebagaimana yang dikatakan oleh Katie Harbath selaku Director Global Politic & Govement Outreach Facebook, menurutnya akun palsu tersebut biasanya memiliki perilaku abnormal, contohnya akun tersebut akan menambah teman, posting artikel dan membagikan postingan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Copyright©facebook

“Kami sudah buat satu sistem yang otomatis deteksi ada perilaku yang menyimpang. Misalnya ketika baru mendaftar akun itu langsung add friend seribu. Ini jadi satu salah satu sinyal deteksi akun palsu,” jelasnya.

Katie sendiri juga menjelaskan bahwa untuk mengatasi hal seperti ini sendiri, Facebook telah menghadirkan kecerdasan buatan (AI) untuk menghapus informasi hoax. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan menjalin kerja sama dengan pemeriksa fakta pihak ketiga untuk melawan ketidakbenaran informasi atau berita hoax tersebut. Dan tim pemeriksa ini sendiri sudah di sertifikasi oleh Poynter yang menjadi jaringan pemeriksa fakta internasional yang tidak berpihak terhadap sebuah grup tertentu.

Jika ada informasi atau berita hoax, maka penyebar akan menerima notifikasi yang menunjukkan bahwa berita itu hoax dan Facebook akan memberikan peringatan untuk tidak menyebarkan berita itu lagi. Dan perlu diketahui bahwa Facebook sendiri baru-baru ini telah menghapus 753,7 juta akun palsu secara global dari Q3 2018 hingga Q1 2019 dan disebutkan bahwa 98 persen akun tersebut telah dimatikan karena terdeteksi melakukan kegiatan yang mengganggu.

Baca Juga : Tips Menambahkan Teman Facebook Lebih Dari 5000 Orang