Fitur yang Dinantikan Pengguna Hp Android Ini Malah Berbahaya Bagi Kesehatan!

0
363
Copyright©9TO5Google

Mode Dark Mode di Hp Android Malah Ganggu Pola Tidur?

Eratekno.com – Seperti yang kita ketahui, jika belakangan ini banyak sekali pengembang aplikasi menambahkan fitur baru yang diklaim bisa menghemat konsumsi daya baterai, fitur baru yang dimaksud ini adalah Mode Gelap (Dark Mode).

Mode yang membuat tampilan background di Hp Android ini menjadi warna gelap atau biru tua ini diklaim bisa membuat mata lebih nyaman saat menggunakanya pada malam hari, sehingga bisa membuat kesahatan mata lebih terjaga.

Baca juga: Promo Akhir Tahun, HP Android Kamera Pop-up 32MP Dapat Diskon Jadi Lebih Murah !

Namun faktanya, ada sebuah penemuan terbaru yang mengungkapkan jika ternyata mode gelap di Hp Android ini tidak selau berdampak baik bagi kesehatan tubuh lho. Sepeti Tim Peneliti dari Manchester University menemukan fakta jika mode gelap ini malah bisa merusak pola tidur seseorang.

Copyright©9TO5Google

Hal ini ada kaitanya dengan reaksi alami tubuh akan penerimaan warna dari lingkungan sekitar dan adanya perubahan warna dari layar Hp Android maupun desktop. Perlu diketahui, jika didalam tubuh manusia ini terdapat semacam jam yang bisa memberi tahu kepada seseorang kapan waktu tepat untu tidur atau bangun.

Baca juga: HP Android ROM 128GB Ini Resmi Tiba, Harganya Cuma Segini !

Warna senja atau dingin seperti hijau, biru nila, maupun ungu ini memiliki nuansa redup sehingga bisa menjadi sinyal kepada tubuh untuk istirahat. Sementara untuk  warna hangat seperti kuning atau pun merah, identk untuk warna siang hari ketika tubuh beraktivitas.

Teknologi blue filter atau mode gelap saat ini memang bertujuan untuk membatasi eksposure atau pancaran cahay biru dari layar Hp Android. Nah dikhawatirkan jika mode ini digunakan pada siang hari, nantinya tubuh salah tangkap dan menganggap jika waktunya untuk istirahat.

Para peneliti ini pun melakukan uji coba pada seekor tikus, dimana mereka telah mengatur tingkat kecerahannya daam mode stabil, sehingga tingkat pencahayaan tidak berubah-ubah. Hasilnya warna biru mengasilkan efek yang lebih lemah pada tikus dibandingkan efek cahaya hangat kekuning-kuningan.

Baca juga: Rekomendasi HP Android Flagship Harga Murah di Indonesia, Pilih Mana?