Gampang Banget! Begini Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp

0
157
Copyright©Centerklik

Cara Mudah Backup dan Restore Chat WhatsApp Lewat Google Drive

Eratekno.com – Saat ini tentunya hampir semua pengguna Smartphone telah memasang dan menggunakan aplikasi pesan instan yang mudah dan gratis, sebut saja WhatsApp. Ya, aplikasi chatting yang berada di bawah naungan Facebook ini telah digunakan lebih dari 1 miliar di seluruh Dunia.

Baca Juga : Ada Fitur Baru, Begini Cara Mengirim Sticker di Whatsapp!

Namun, pernahkah kalian ketika berganti Smartphone dan ternyata semua chat serta file-file lainnya di WhatsApp terhapus secara otomatis? Jika iya, maka kalian harus segera mengatasi permasalahan ini dengan cara melakukan backup chat WhatsApp dan Restore menggunakan Google Drive. Belum tahu caranya? Berikut Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp via Google Drive.

Cara Backup Chat WhatsApp Menggunakan Google Drive

  • Pertama-tama buka aplikasi WhatsApp dan tap ikon tiga titik di bagian pojok kanan atas, lalu lanjutkan dengan memilih menu Settings untuk masuk ke pengaturan aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian, dalam menu pengaturan kalian bisa memilih menu Chats untuk memulai backup chat WhatsApp dengan memilih Chat Backup.
Copyright©JalanTikus
  • Lalu, disini kalian akan mendapatkan informasi terkait proses backup sebelumnya yang terlihat pada Last backup. Sebelumnya kalian bisa memilih menu Account dan pilih Google Drive untuk tujuan pembackupan.
Copyright©JalanTikus
  • Kalian juga bisa mengatur durasi backup secara otomatis pada menu Backup to Google Drive, disini memberikan beberapa pilihan seperti Daily, Weekly hingga Montly serta bisa memilih tipe jaringan yang digunakan pada back up over.
Copyright©JalanTikus
  • Dan langkah selanjutnya, kalian bisa langsung menekan tombol Back UP, kemudian tunggu hingga proses backup data selesai.
Copyright©JalanTikus

Cara Restore Chat WhatsApp dari Google Drive

Untuk restore chat WhatsApp dari Google Drive, kalian bisa lakukan dengan cara saat pertama kali memasang dan melakukan aktivasi menggunakan nomor telepon, kalian hanya perlu tap tombol Restore untuk mendapatkan data WhatsApp kalian.

Nah, seperti itulah cara backup dan restore chat WhatsApp yang bisa kalian terapkan dengan mudah di masing-masing perangkat kalian. Jadi, kalian tak perlu khawatir lagi akan kehilangan data WhatsApp saat menggunakan Smartphone baru. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Cara Membaca Pesan Yang Terhapus di Whatsapp