Gawat, Ada Celah Keamanan yang Bisa Bikin Kekacauan di WhatsApp!

255
Copyright©Reuters

Celah Keamanan di WhatsApp Bisa Merusak Aplikasi

Eratekno.com – Lagi-lagi, aplikasi pesan instant populer yakni WhatsApp kedapatan memiliki celah keamanan besar lagi. Dengan adanya hal tersebut, memungkinkan para penyerang bisa menimbulkan kekacauan didalam grup WhatsApp, dan bahkan merusak aplikasi disemua smartphone anggota grup.

Seperti yang dilaporkan oleh laman Independent, jika periset dari Biro Sekuriti Check Point menyebutkan,para pelaku harus masuk kedalam grup WhatsApp yang di incar. Setelah itu mereka pun langsung mengirimkan pesan yang telah dimodifikasi sebelumnya kedalam grup tersebut.

Baca juga: WhatsApp Dianggap Sebagai Aplikasi Berbahaya, Kok Bisa?

Nah pesan inilah yang nantinya bakal membuat pemilik akun WhatsApp tak bisa menggunakan fungsi dari akunnya tersebut. Tak ada jalan lain untuk mengatasi hal ini selain melakukan uninstall pada aplikasi tersebut, setelah itu menghapus grup WhatsApp yang sudah terkontaminasi itu.

Copyright©Reuters

“Karena WhatsApp merupakan saluran komunikasi terdepan buat konsumer, pebisnis dan pemerintah, kemampuan untuk menghentikan orang menggunakan WhatsApp dan menghapus informasi berharga dari grup adalah senjata besar bagi pelaku. Seluruh user WhatsApp harus update ke versi terkini dari aplikasi itu untuk melindungi diri mereka terhadap kemungkinan serangan ini ” kata Ided Vanunu, Head of Product Vulnerability Check Point, dikutip dari laman Inet.Detik.

Baca juga: Anti Ribet, Begini Cara Video Call WhatsApp di Laptop dengan Mudah !

Namun masalah ini sudah dilaporkan kepada pihak WhatsApp, dan mereka pun mengakui akan adanya celah keamanan ni. Saat ini pihak WhatsApp juga sudah bertindak untuk mengamankan akun para user.

WhatsApp menghargai pekerjaan komunitas teknologi untuk membantu menjaga keamanan user kami secara global. Kami dengan cepat menyelesaikan isu ini. Kami juga belum lama ini menambahkan kontrol baru untuk mencegah orang ditambahkan pada grup yang tak diinginkan untuk menghindari komunikasi dengan pihak tidak terpercaya” ujar Ehran Kret, Software Engineer WhatsApp.

Baca juga: Langsung Hapus Saja Jika Dapat Kiriman Seperti Ini di WhatsApp, Berbahaya !