GAWAT ! Aplikasi Android Favorit Para Jomblo Ini Sebar Data Pribadi !

0
219
Copyright©Suara

3 Aplikasi Kencan Online Ini Sebar Data Pribadi Pengguna 

Eratekno.comSeiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, para developer pun gencar menghadirkan aplikasi Android untuk menunjang kinerja HP Android pengguna. Yups di ketahui kini banyak sekali aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

Fungsinya juga sangat beragam, mulai aplikasi game hingga aplikasi Android untuk para jomblo yang tengah mencari pasangan. Yups aplikasi kencan online ini kini sudah banyak tersedia yang fungsinya untuk memudahkan pengguna mencari kenalan yang ada di sekitar lokasi pengguna.

Bahkan berkat aplikasi ini banyak orang yang berhasil menjalin hubungan ke jenjang yang lebih serius hingga menikah.

Baca juga : Copot Aja Deh ! 5 Aplikasi Tenar Ini Cuma Bikin HP Android-mu Lemot !

Namun sayangnya di balik fungsinya tersebut kini ada kabar kurang mengenakkan. Yups aplikasi kencan dalam hal ini adalah Grindr, OkCupid dan Tinder telah membocorkan informasi pribadi kepada perusahaan teknologi periklanan yang kemungkinan melanggar undang-undang privasi data Eropa.

Seperti di lansir dar New York Post, Dewan Konsumen Norwegia mengaku menemukan pelanggaran privasi serius dari hasil analisis tentang bagaimana perusahaan iklan online melacak profil para pengguna smartphone.

Copyright©Telset

Kelompok nirlaba yang di danai pemerintah itu menugaskan perusahaan keamanan siber Mnemonic untuk mempelajari 10 aplikasi Android. Di temukan bahwa aplikasi kencan mengirim data pengguna ke 135 pihak ketiga.

Baca juga : Waduh, 3 Aplikasi Google ini Ternyata Berbahaya untuk Hp Android Kalian!

“Situasinya benar-benar di luar kendali,” kata Dewan Konsumen Norwegia, yang mendesak regulator Eropa untuk menegakkan Peraturan Privasi Data Umum yang ketat atau GDPR, dikutip dari Telset.id, Rabu (15/01/2020).

Dewan Konsumen Norwegia telah mengambil tindakan terhadap beberapa perusahaan serta mengajukan keluhan resmi dengan otoritas perlindungan data terhadap Grindr, platform iklan aplikasi seluler milik Twitter.

Sementara itu Grindr dinilai telah mengirim data, termasuk lokasi GPS pengguna, usia dan jenis kelamin ke beberapa perusahaan lain. Dewan Konsumen Norwegia juga menindak dan melaporakan MoPub dan empat perusahaan teknologi iklan.

Merespons temuan Dewan Konsumen Norwegia, Twitter menegaskan telah menonaktifkan akun MoPu Grind dan sedang menyelidiki masalah ini untuk memahami standar mekanisme persetujuan aplikasi Android bernama Grindr ini.

Baca juga : Jangan Coba-coba, Kirim Pesan Seperti Ini di Grup WhatsApp Bisa Dipenjara Lho !