Gawat, Malware di HP Android Ini Tak Bisa Dihilangkan, Kamu Alami Juga?

0
206
Copyright┬ęPhoneAndroid

Malware ‘Bandel’ di HP Android Kebal Dengan Factory Reset

Eratekno.com – Mungkin bagi pengguna smartphone sudah tak asing lagi ya dengan namanya Malware? Dimana ini adalah sebuah virus yang cukup mengganggu dan sering kali bisa ditemukan didalam smartphone maupun aplikasi.

Nah untuk menghapus malaware didalam HP Android ini biasanya seseorang melakukan Factory Data Reset (mengatur ulang ponsel) kembali pada settingan atau keadaan saat pertama kali membelinya dulu.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi HP Android Terbaru Vivo Dengan 5 Kamera, Bikin Pengen!

Sayangnya, hal tersebut tidak berguna dengan salah satu malware yang tersedia didalam HP Android ini. Dimana malware tersebut sangat bandel, dan masih tetap bisa bertahan sekalipun kalian sudah melakukan Factory Reset Data tadi.

Copyright┬ęPhoneAndroid

Nama malware itu adalah xHelper, dimana malware ini tidak berfungsi untuk mencuri informasi atau data didalam HP Android kalian, melainkan dirancang khusus untuk menampilkan iklan yang sifatnya spam diperangkat kalian.

Baca juga: HP Android 4 Kamera dan RAM 6GB Ini Rilis dengan Harga Cukup Terjangkau, Mau?

Namun ada satu hal yang paling berbahaya dari malware ini, dimana ia mampu mengunduh dan menginstall aplikasi otomatis dengan menggunakan nama korban. Tentu ini sangat menyebalkan, karena malware ini tak bisa dihapus dalam HP Android sekalipun melakukan Factory Reset Data.

Menurut perusahaan keamanan Symantec dan Malwarebytes, alasan kenapa malware ini sangat membandel karena aplikasi sistem yang mungkin sudah dikompromikan oleh pengguna HP Android tersebut itu sendiri.

Biasanya, jika aplikasi di install ulang setelah melakukan reset pabrik, berati mereka memanggil kembali malware tersebut kedalam HP Android. Sejauh ini masih belum ada cara khusus untuk mengatasi malware ini, dan cara terbaik ialah dengan menghindari aktifitas mendownlad aplikasi dari situs web yang mencurigakan.

Baca juga: Nabung Dulu ! HP Android Kamera Putar dengan Android 10 Ini Pekan Depan Mendarat di Indonesia