Gegara Ini, WhatsApp Jadi Aplikasi yang ‘Menyedihkan’!

0
108
Copyright©The Next Web

WhatsApp Jadi Aplikasi Paling Sering Kena Blokir

Eratekno.com – Memang tidak bisa dipungkiri, jika WhatsApp menjadi aplikasi pesan instant paling populer didunia saat ini. Dimana jumlah pengguna dari aplikasi yang identik dengan warna hijau tersebut mencapai lebih dari 1.5 miliar orang.

Namun sayangnya, dibalik kesuksesannya tersebut, WhatsApp  menjadi aplikasi yang paling ‘menyedihakn’, dimana mereka menjadi aplikasi yang paling sering terkena blokir terkait penutupan initernet di berbagai negara.

Baca juga: Sssttt… Ternyata Begini Cara Bobol WhatsApp Via Panggilan Telepon !

Berdasarkan studi Top10VPN, aplikasi WhatsApp ini telah mengalami sebanyak 6.236 jam gangguan. Dimana pengguna yang berada di negara seperti Sri Lanka dan Sudan menjadi yang paling banyak terdampak hal tersebut.

Copyright©The Next Web

Seperti yang disampaikan oleh laman Independent, bukannya tidak ada alasan kenapa WhatsApp ini hingga dicekal oleh sejumlah negara. Pasalnya aplikasi ini sering kali digunakan oleh warga sipil guna melakukan koordinasi pada saat ada kericuhan di sejumlah negara.

Baca juga: Ada Virus Mengintai, Berhati-hatilah Jika Kalian Dapat Pesan WhatsApp Seperti ini!

“Menutupnya membuat hampir tidak mungkin bagi orang-orang untuk berkomunikasi di situasi seperti itu, memudahkan otoritas untuk menjaga cengkeraman kekuasaan. Menakutkan betapa mudah pemerintahan otorites mematikan platform seperti WhatsApp atau bahkan internet secara keseluruhan. WhatsApp bergantung pada lisensi pemerintah dan dipaksa mematuhi permintaan pemerintah agar terus bisa beroperasi. ” ujar Samuel Woodhams, dikutip dari laman Inet.detik.

Selain WhatsApp, aplikasi lain yang juga mengalami gangguan cukup siginifikan ditahun 2019 kemarin adalah Facebook, Twitter, serta YouTube. Dan dalam studi ini juga mengungkapkan tentang kerugian ekonomi yang terjadi sebagai dampak pemblokiran internet tersebut mencapai USD 8 Miliar.

Baca juga: Sebelum Nyesel, Deretan Virus Bahaya di WhatsApp Wajib Kamu Waspadai !