Gegara Unggah Video Ini, Youtube Dikecam Penggunannya!

0
254
Copyright©BBC

Youtube Dikecam Soal Hak Cipta

Eratekno.com Youtube menjadi sebuah situs yang menyediakan banyak sekali konten video didalamnya. Maka tidak heran jika banyak pengguna smartphone maupun PC yang mencari hiburan didalam platform tersebut.

Namun baru-baru ini, Youtube telah mendapatkan kecaman dari sejumlah pengguna layanan mereka. Hal ini terjadi setelah Youtube memposting sebuah video didalam layanan mereka.

Baca juga: Mudah Banget! Berikut 2 Cara Unduh Video Youtube Langsung Dengan Format MP3

Usut punya usut, rupanya Youtube melakukan kesalahan dengan memosting sebuah video tanpa mencantumkan identitas dari kreator video tersebut. Dikutip dari laman Medcom, jika hal ini diungkapkan pertama kali oleh Lily Hevesh ketika ia mengkses sosial media Twitter dan mendapati sebuah Video Natal Youtube.

Copyright©BBC

Hevesh menuturkan, jika ia merasa video yang diunggah Youtube tersebut adalah karyanya. Namun saat itu Youtube memostingnya tanpa mencantumkan nama akun maupun channel Youtube miliknya pada bagian informasi dari video tersebut.

Baca juga: Bocoran Ini Ungkap Samsung Galaxy S10+ Punya Bezel Sangat Tipis!

Dan Tweet yang diunggah oleh Youtube saat itu juga menggunakan intro karya dari Hevesh yang ia gunakan untuk menyambut penonton dalam videonya.Video karya Hevesh ini telah ia posting pada tanggal 23 Desember 2018 melalui channel Youtube miliknya.

Dan video tersebut telah ditonton lebih dari 60 ribu penonton. Namun video yang diposting oleh Youtube malah ditonton lebih dari 250 ribu penonton. Tentu dengan Youtube memosting video karyanya ke pemirsa lebih luas tanpa mencantumkan sang kreator, mereka telah menutup peluang Hevesh untuk memperoleh perhatian dari penonton yang kemungkinan berujung pada tawaran pekerjaan.

Namun terkait masalah tersebut, pihak Youtube pun mengakui kesalahannya kepada hevesh pada tweet selanjutnya yang diunggah pada tanggal 26 Desember 2018 kemarin. Dan mereka pun telah mencantumkan channel milik Hevesh dalam keterangannya.

Baca juga: Subscribe Youtube Kamu Turun? Ini Lho Penyebabnya