Genjot Persiapan, Nokia Prediksi Jaringan 5G Bakal Diproduksi Setahun Lebih Cepat

0
453
jaringan-5g
[email protected]

Peluncuran Jaringan 5G Terjadi Lebih Cepat, Nokia Sebut Jaringan Generasi ke 5 Bakal Meluncur Tahun Ini

Eratekno.com – Kali ini para operator telekomunikasi besar tengah meggenjot persiapan untuk dapat mengadopsi jaringan 5G. Disebutkan oleh CEO Nokia, Rajeev Suri, jika mereka mempercepat produksi setahun lebih cepat dibandingkan dengan jadwal yang ditentukan.

Diperkirakan jika peluncuran layanan komersil 5G ini bakal dimulai tahun 2018 ini. Menurut Suri, persiapan besar-besaran dan tentu lebih cepat tengah dilakukan negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS), Jepang, Korea Selatan dan juga Tiongkok. Sejumlah negara tersebut tentu mempercepat persiapan dibadingkan prediksi industri setahun lalu.

Baca juga : Nokia Luncurkan Banyak Smartphone, Incar Posisi Lima Besar ?

Kemudian di sisi lain, saat ini di Eropa tengah kekurangan faktor pendorong untuk peluncuran jaringan 5G dengan skala besar. Nokia pun belum lama ini juga mengatakan jika mereka telah memiliki kesepakatan dengan perusahaan Chine Mobile mengenai pengembangan jaringan baru tersebut untuk memperluas industri miliknya di Tiongkok.

Cukup diketahui jika Chine Mobile sendiri merupakan salah satu operator mobile terbesar di Tiongkok. Nokia sendiri mengisyaratkan bakal mengumumkan sejumlah bentuk kerjasama dengan Vidafone. Namun perusahaan asal Finlandia itu enggan menyebutkana secara rinci.

jaringan-5g
[email protected]

Vodafone sendiri merupakan operator seluler asal Inggris dan perusahaan tersebut memiliki saham mayoritas di sejumlah operator dunia. Tepatnya satu tahun lalu, sejumlah operator mengatakan jika peluncuran jaringan 5G baru akan bisa maksimal pada akhir tahun 2019 mendatang.

Suri sendiri mengatakan jika saat ini banyak perusahaan telekomunikasi mempertanyaakan kemungkinan adanya justifikasi bisnis untuk melakukan upgrade (pembaruan) ke 5G. Sedangkan saat ini, industri peralatan jaringan mobile yang didominasi oleh pabrikan Huawei, Nokia dan Ericcos tengah menghadapi bagian berat dalam beberapa tahun belakangan. Hal itu dikarenakan permintaan untuk keperluan jaringan 4G telah menurun.

Baca juga : Nokia 8 Sirocco, Smartphone Android One Desain Bazel-less Berbahan kaca dan RAM 6GB

Maka dari itu dengan kehadiran jaringan 5G tentu akan menjadi peluang baik bagi pertumbuhan bisnis para industri telekomunikasi tersebut. Pihak Nokia sendiri yakin dengan mempercepat adopsi atau pembuatan 5G akan menghadirkan dampak baik untuk pertumbuhan bisnis Nokia pada tahun ini dan tahun berikutnya.

Sementara itu beberapa waktu terakhir, memang kabar jika peluncuran 5G banyak bermunculan. Salah satunya dari operator asal Amerika Serikat, AT&T yang dikabarkan berenacana meluncurkan jaringan 5G untuk kebutuhan mobile pada akhir tahun 2018 mendatang. Jaringan mobile generasi ke lima tersebut nantinya akan tersedia untuk pelanggan AT&T di 12 kota di negeri Paman Syam.

Baca juga :  Benarkah, Nokia 4 Bakal DiSokong Chipset Snapdragon 450 ?