Google Hapus Aplikasi Android Yang Bisa Mengakses Data Pengguna

0
112
Copyright©Futureloka

Google Tidak Izinkan Aplikasi Android Meminta Akses SMS dan Riwayat Panggilan

Eratekno.com – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, kini hampir semua aktivitas manusia bisa dikerjakan dengan mudah dan cepat menggunakan sebuah Smartphone dan bantuan aplikasi di dalamnya. Diantara banyaknya Aplikasi Android yang muncul sendiri biasanya sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur-fitur menarik di dalamnya untuk memudahkan pengguna dalam menggunakannya.

Baca Juga : Yeay.. Aplikasi Android ini Juga Bakal Mendapatkan Fitur Dark Mode!

Namun, sebagian aplikasi yang tersedia pasti akan meminta izin ke pengguna untuk mengakses beberapa data mereka agar aplikasi berjalan dengan normal. Kendati demikian, aplikasi yang meminta izin untuk mengakses SMS dan riwayat panggilan pun sangat meresahkan pengguna, lantaran pihak pengembang aplikasi yang bersangkutan bisa dengan mudah mengakses data pengguna. Terkait hal ini, Google sendiri telah mengumumkan bahwa akan ada kebijakan baru untuk beberapa aplikasi yang ada di Play Store demi menjaga keamanan data pengguna.

Copyright©tribunnews

Salah satu kebijakan tersebut adalah, Google tidak akan memberikan izin untuk aplikasi yang meminta akses ke SMS atau riwayat panggilan tetap tinggal di Play Store. Sebagaimana yang dilansir dari Phone Arena, telah menyebutkan bahwa perusahaan yang berbasis di Mountain View, California, AS ini akan menghapus seluruh aplikasi yang meminta akses SMS dan riwayat panggilan beberapa pekan mendatang.

Selain itu, Google sendiri juga akan menghapus Aplikasi Android yang tidak memiliki formulir deklarasi izin di Play Store. Sang pengembang juga akan diberikan dua opsi, yakni pertama, mereka harus mengirimkan versi baru aplikasi yang tidak meminta izin SMS, dan yang kedua, jika aplikasi tersebut memang meminta izin untuk mengakses SMS dan riwayat panggilan, maka pengembang harus menyertakan formulir deklarasi khusus.

Terkait penghapusan Aplikasi Android ini sendiri, Google telah memberikan waktu untuk pengembang hingga tanggal 9 Maret, dan setelah melewati tanggal itu, maka Google akan menentukan aplikasi mana saja yang akan dihapus dan diberikan izin di Play Store.

Baca Juga : Puluhan Aplikasi Android yang Menginfeksi 9 Juta Smartphone Di Hapus Google!