Google Kembali Hapus Aplikasi Android ‘Mata-mata’ Berbahaya dari Play Store, Kamu Punya?

148
Copyright©nextren

 Aplikasi Android ToTok Muncul Lagi di Play Store

Eratekno.com – Google selaku pemilik OS Android baru-baru  ini melakukan ‘bersih-bersih’ pada toko aplikasi miliknya yakni Play Store. Hasilnya mereka kembali menghapus salah satu aplikasi android berbahaya didalamnya.

Aplikasi yang dimaksud ini adalah ToTok, dituding jika Aplikasi Android ini menjadi alat mata-mata milik Uni Emirate Arab (UEA). Ini menjadi yang kedua kalinya pihak Google menghapus aplikasi ini dari Play Store.

Baca juga: Benci Dengan Iklan Mengganggu? Pakai Aplikasi Android ini Untuk Mengatasinya!

Sebelumnya Aplikasi Android ini sempat mereka hapus pada bulan Desember 2019 dari Play Store, namun diam-diam Google kembali memberikan akses ToTok ini di Play Store pada bulan Januari lalu. Dan mereka kembali menghapusnya baru-baru ini.

Copyright©Nextren

Ketika kembali menghapus Aplikasi Android tersebut dari Play Store, pihak Google tidak memberikan alasannya. namun pertama kalinya aplikasi ToTok itu dihapus lantaran melanggar sejumlah peraturan yang ada di dalam layanan Play Store.

Baca juga: AWAS! Aplikasi Bawaan Ini Malah Bikin HP Android Mudah Diretas Lho!

Bagi kalian yang belum familiar, ToTok adalah sebuah aplikasi pesan instant yang memberikan laynaan cepat, gratis, dan aman seperti WhatsApp serta sudah diunduh jutaan pengguna di UEA serta beberapa negara di timur tengah lainnya.

Bahkan sebelum dihapus oleh Google dari Play Store dan App Store lalu, Aplikasi Android ini telah diunduh sangat banyak sekali oleh pengguna smartphone di Amerika Serikat. Dalam sebuah penyelidikan, aplikasi  ini telah mengizinkan pemerintah UEA untuk memata-matai pengguna .

Namun tudingan ini pun langsung ditepis oleh pihak ToTok. Dengan dihapusnya kembali Aplikasi Android tersebut dari Play Store, pastinya ada masalah kembali pada aplikasi tersebut.

Baca juga: Canggih, Begini Cara Kirim Aplikasi via WhatsApp!