Google Lens, Kamera Pintar Segera Meluncur Perangkat Android !

0
352
[email protected]

Kamera Pintar Google Lens Disebar ke Semua Android !

Eratekno.comGoogle Lens merupakan sebuah tool yang berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) AI computer vision yang dapat menganalisa foto, mengenali obyek di dalamnya, dan mengambil informasi seperti nomor telepon dan alamat rumah.

Baca Juga : Canggih, Kecerdasan Buatan Google Ini Prediksi Risiko Stroke Melalui Mata !

Awalnya, Google Lens yang hanya tersedia untuk perangkat Pixel buatan Google sendiri. Tetapi belakangan ini, sang raksasa internet yang mulai memberikan Google Lens untuk perangkat Android lain melalui Google Photos.

[email protected]

Mulai bergulir hari ini, pengguna Android bisa mencoba Google Lens untuk melakukan hal-hal seperti membuat kontak baru dari kartu nama, atau mendapatkan informasi tentang landmark terkenal,” kicau Google dalam sebuah tweet, disertai tautan ke aplikasi Google Photos. Dimana sebuah aplikasi Google Photos versi terbaru yang ada sebuah opsi baru yang berupa icon Lens yang berfungsi untuk menganalisa foto.

Sehingga, tergantung dari obyek apa yang akan dikenali oleh Lens dari foto tersebut, Google Photos yang juga bakal menampilkan beberapa card yang berisi informasi yang relevan mengenai obyek tersebut.

Misalnya, jika pengguna yang memindai kartu nama, maka Lens tersbut yang bakal mencoba untuk mengenali informasi yang tertera, seperti alamt e-mail, nomor telepon dan jabaran di perusahaan, kemudian disimpan dalam daftar kontak di ponsel.

Baca Juga : Ini Dia HiAssistant, Asisten Punya Huawei Penantang Google Assistant!

Namun untuk sementara waktu, kemungkinan masih belum semua pengguna Android di sejumlah negara sudah mendapatkan Google Photos versi anyar yang disematkan fitur Lens tersebut. dimana pembaruan ini yang memang belum disalurkan secara bertahap.

Seperti yang dikutip dari KompasTekno dari 9to5Google, Rabu (7/3/2018), selain perangkat Android di luar Pixel, Google yang juga akan meluncurkan Lens bakal segera muncul di platform iOS (iPhone), tetapi untuk kepastian tanggal serta kapan masih belum disebutkan.

sebelumnya, Google yang juga dikabarkan bakal meluncurkan Android P, yang memiliki sejumlah fitur anyar pastinya. Berdasarkan pola sebelumnya, smartphone yang dapat menjajal Android P versi pengembang ini biasanya ponsel besutan Google, yakni Pixel dan Pixel 2. Namun seiring berjalannya waktu, kemungkinan model perangkat lain juga bakal ditambahkan.

Baca Juga : Google Siap Rilis Android P Pertengahan Bulan Ini, Berikut Bocoran Fitur Canggihnya