Google Resmi Akuisisi Divisi Smartphone HTC

0
437
Google
Copyright©Kompas

Divisi Smartphone HTC Resmi Diakuisisi Oleh Google

Eratekno.com – Baru-baru ini Google resmi mengakuisisi sebagian besar dari divisi desain smartphone HTC dengan nilai USD1,1 miliar (Rp 14,8 triliun).

SVP Hardware Rick Osterlaoh mengumumkan hal ini dalam sebuah blog post, membanggakan akan datangnya “tim yang sangat bertalenta untuk bekerja membuat produk yang lebih baik dan inovatif dalam beberapa tahun ke depan”.

Di lansir dari The Verde dengan adanya akuisisi ini, lebih dari 2000 tekniisi smartphone HTC akan pindah ke Google. Akan tetapi, semua orang itu akan tetap bekerja di Taiwan. Osterloh menyatakan bahwa Taipei saat ini menjadi pusat teknisi terbesar Google di kawasan Asia Pasifik.

Baca juga: Google Luncurkan Aplikasi Gboard Go Untuk Smartphone Low-End

Operasi manufaktur dan divis VR HTC tidak akan terpengaruh perjanjian ini. akan tetapi sebagian besar tim riset dan pengembangan (R&D) smartphone HTC akan tergabung dengan Google, hal itu di sampaikan oleh orang yang tahu tentang hal ini.

Keputusan Google untuk mengakuisisi divis smartphone HTC ini menunjukkan keseriusan raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini terkait pengembangan hardware. Tim ini nampaknya akan membantu Google dalam mengembangkan lini smartphone Pixel miliknya.

Untuk mengembangkan smartphone Google Pixel dan Google Pixel 2, Google di kabarkan telah mengontrak sebagian tim dari HTC yang saat ini menjadi bagian dari mereka. Saat ini, Google akan memiliki tim internal yang lebih besar.

copyright©AFPPhoto

Baca juga: Mulai Dijual, Berapa Harga Kamera Pintar Google?

Berdasarkan volume, Google memang masih menjadi pemain kecil. Akan tetapi, Google Pixel memang di tujukan untuk bersaing dengan para pemimpin pasar smartphone ternama di dunia seperti Apple dan Samsung.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, Osterloh mengatakan bahwa manufaktur smartphone Android. “mengerti mengapa kami melakukan ini. Sejujurnya, performa Apple sangat baik di negara-negara maju.”

Memang untuk saat ini Google Pixel masih belum terjual dalam jumlah yang banyak. Namun dengan adanya akuisisi divisi HTC ini akan membantu Google untuk mendorong produksi smartphone. “Kami tidak ingin mengejar pasar niche,” kata Osterloh pada The Verge tahun lalu. “Kami ingin bisa menjual produk dalam jumlah banyak dalam waktu lima tahun”.

        Baca juga Google Akhirnya Akui Kucurkan Dana Segar ke Go-Jek