Google Sedang Garap Fuchsia, Calon OS Baru Pengganti Android?

0
176
Copyright©dribble

OS Fuchsia Sudah Diuji Coba Pada Perangkat Honor Play

Eratekno.com – Kabar tentang hadirnya sistem operasi Fuchsia memang sudah lama terdengar, dimana OS ini digadang-gadang bakal menjadi pengganti sistem operasi Android. Uniknya, Fuchsia OS ini telah mendukung berbagai macam perangkat, mulai dari Smartphone, Televisi, bahkan juga lemari es.

Baca Juga : Muncul di Geekbench, Google Pixel 3 XL Terungkap Jalankan OS Android Q

Selain itu, kabar terbaru telah mengungkapkan bahwa OS Fuchsia ini ternyata sudah diuji coba pertama kali pada perangkat Honor, yakni Honor Play. Sebagaimana yang dikutip dari laporan 9to5google telah menyatakan bahwa Google dan Huawei memang memiliki sejarah kerja sama. Dimana Huawei sempat menjadi perusahaan yang bertanggung jawab atas ponsel seri Nexus 6P yang dikembangkan Google.

Sehingga tak heran jika Google dan Huawei kembali menjalin kerja sama untuk mengembangkan OS baru yang dikenal dengan Fuchsia tersebut. Insinyur Huawei sendiri sebelumnya juga sempat mengunggah komitmen terkait pengolahan kode sumber Gerrit Fuchsia, namun belum diketahui sejauh mana komitmen tersebut dijalankan.

Copyright©telset

Namun, jika diketahui berdasarkan komitmen baru yang diunggah telah mengungkapkan bahwa perusahaan sedang menggarap sebuah proyek sistem operasi baru. Dimana sistem operasi baru tersebut mampu dijalankan di perangkat Huawei yang diperkuat dengan prosesor Kirin 970. Dan seperti yang diketahui bahwa Kirin 970 sendiri juga dimuat oleh Huawei ke dalam Smartphone kelas atas yang dikembangkannya, seperti Huawei Mate 10 dan P20.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa OS Fuchsia ini telah diuji coba pada Honor Play, sehingga ini menunjukkan bahwa OS tersebut mungkin akan menjadi lebih nyata dari yang diperkirakan sebelumnya.

Dan perlu diketahui bahwa Google sendiri merencanakan bahwa OS barunya ini tentu bisa saja mengimplementasikan di semua perangkat yang dibuat oleh perusahaan. Bukan hanya untuk menggantikan Android, tetapi Fuchsia nantinya juga bisa menggantikan peran Chrome OS. Sementara itu, sistem operasi baru Fuchsia ini akan bisa populer seperti Android jika Google berani memberikan jaminan. Untuk itu, kita tunggu saja kabar terbaru tentang OS baru yang digarap Google tersebut.

Baca Juga : Google Singkirkan 13 Gim Berbahaya Dari Play Store, Apa Saja?