Google Siapkan Aplikasi Penguji Password, Seperti Apa?

0
140
Copyright©Wired

Password Checkup Dari Google Berupa Ekstensi Dalam Browser Chrome

Eratekno.com – Setelah beberapa waktu lalu diketahui menghadirkan sebuah aplikasi khusus untuk penyandang Tunarungu, kini Google kembali dikabarkan sedang mempersiapkan sebuah aplikasi baru sebagai penguji password yang disebut-sebut sebagai Password Checkup. Adapun aplikasi yang dibuatnya ini sendiri dalam bentuk ekstensi browser Chrome, apa fungsinya?

Baca Juga : Keren, Google Luncurkan Aplikasi Android Khusus Penyandang Tunarungu!

Perlu diketahui bahwa fungsi dari aplikasi yang dihadirkan Google ini sendiri adalah untuk mengecek silang password penggunanya dengan database password yang pernah menjadi korban peretasan. Untuk cara kerja ekstensi ini sendiri akan memberikan peringatan ke pengguna saat username dan password mereka sudah tidak aman lagi. Arti aman disini adalah jika username dan password pengguna telah muncul dalam 4 miliar data yang dikumpulkan oleh Google.

Database itu sendiri berasal dari sejumlah peretasan yang pernah terjadi sebelumnya, yakni saat si hacker menyerahkan hasil aksinya ke dunia maya. Dengan begitu, ekstensi yang dibuat Google ini bisa menemukan username/password serupa dengan database-nya, kemudian aplikasi ini akan memberikan peringatan kepada pengguna untuk mengganti password agar lebih aman.

Copyright©Wired

Dengan pengecekan password pengguna ini, Google juga memastikan bahwa mereka tidak akan pernah mengungkapkan informasi penggunanya saat proses pengecekan, yang mana semua pengecekan ini akan dilakukan secara anonim sehingga data pengguna akan tetap aman.

Kendati demikian, bukan hanya karena password sudah termasuk dalam 4 miliar data yang dikumpulkan saja, tetapi ekstensi ini juga akan melakukan pengecekan terhadap password pengguna yang menggunakan password terlalu mudah ditebak yang berpotensi tidak aman, seperti ‘12345’ dan semacamnya.

Selain itu, ekstensi yang dihadirkan oleh Google ini sendiri mungkin bukanlah jaminan bahwa kata sandi pengguna akan aman sepenuhnya, namun setidaknya ada peringatan awal yang didapat pengguna saat kata sandi-nya terindikasi mengalami pelanggaran data. Bukan hanya itu, ekstensi ini sendiri diklaim aman untuk data penggunanya, namun jika pengguna tidak ingin menggunakan ekstensi seperti ini, yang terus-menerus menjalankan kaya sandi melalui basis data, maka bisa menggunakan layanan lain.

Baca Juga : Cara Agar Aplikasi Android di Google Play Tidak Update Otomatis!