Hacker Tebar Malware Berbahaya Lewat Facebook

0
378
Facebook
Copyright©Liputan6

Malware Berbahaya ‘Digimine’ Ditebar Hacker Lewat Facebook

Eratekno.com – Belum lama ini Malware jenis baru di temukan oleh para peneliti di Trend Micro, perusahaan keamanan siber asal Jepang.

Kali ini, malware itu menyasar pengguna layanan pesan instan Facebook Messenger untuk di manfaatkan mining (menambang) mata uang digital terenkripsi (crypto-currency) Monero.

Malware bernama ‘Digimine’ itu diklaim hadir dalam bentu tautan dan dokumen video. Tapi jangan khawatir, malware hanya akan menyerang Facebook Messenger yang digunakan via desktop browser Google Chrome. Jika kamu membuka tautan Facebook Messenger pada platform lain, misalnya smartphone dan lainnya, Digimine kemungkinan tidak adak menyerangmu.

Baca juga: Hati-hati, Beberapa Dampak Negatif Akibat Main Facebook !

Di lansir dari Independent pada Selasa (26/12/2017), Digimine tetap mengklaim sebagai malware yang berbahaya. Pasalnya, ketika Digimine berhasil menginfeksi perangkat korban, ia akan memperlambat kerja computer menggunakn akun Facebook korban untuk mencari korban berikutnya.

“Jika malware berhasil diselundupi, akun Facebook korban akan secara otomatis bisa digunakan, Digimine akan ‘memanipulasi’ Facebook Messenger–seolah-olah pengguna tersebut sedang chatting ke teman-temannya–dan mengirim tautan berbahaya ke korban berikutnya,” jelas peneliti.

Saat korban terserang, di sinilah hacker yang akan mendapat keuntungan. Jumlah mining mata uang digital Monero pun akan terus meningkat jika banyak korban yang terkena malware ini.

Peneliti Trend Micro mengaku kini perangkat computer mamng rentan jadi incaran hacker karena mereka ingin memanfaatkannya sebagai platform untuk mining mata uang digital.

  Baca juga Melanggar Kebebasan, WhatsApp Diminta Stop Berbagi Data Pengguna dengan Facebook !