Hal Mengerikan Ini Intai Pengguna WhatsApp Web, Jangan Sepelakan !

0
219
Copyright©Brillio

Bug Berbahaya Ditemukan di WhatsApp Web, Makin Tak Aman?

Eratekno.comMeski sudah dilengkapi dengan system keamanan enkripsi end-to-end, WhatsApp belakangan ini juga masih di terpa mengenai isu keamanan. Yups, kini banyak pihak yang menyoroti soal keamanan aplikasi popular besutan Facebook tersebut.

Dan yang terbaru kembali ditemukan bug di layanan chatting ini. Buikan pada versi mobile, melainka aplikasi versi desktop alias WhatsApp Web. Terdapat bug di aplikasi WhatsAPp Web yang memungkinkan penyerang membaca file dari computer.

Di lansir dari laman TheNextWeb pada Kamis, 6 Febuari 2020 sebuah posting yang diterbitkan oleh perusahaan keamanan PerimeterX menunjukkan bahwa banyak pengguna bug pada aplikasi WhatsApp Mac atau Windows yang di pasangkan dengan iPhone.

Baca juga : Diinstall Ratusan Juta, 24 Aplikasi Android Ternyata Berbahaya, Kamu Punya?

Peneliti keamanan perusahaan yakni Gal Weizman menemukan kebebesan dalam Kebijakan Keamana Konten (CSP) WhatsApp yang bisa di eksploitasi untuk mengirimkan pesan yang di manipulasi dan menghubungkan menggunakan Cross Site Scripting (XSS).

Dia bisa memanfaatkan kelemahan ini untuk megirim kode berbahaya atau membaca file daqri system file computer. Itu8 bisa sangat berbahaya jika kamu menyimpan dokumen sensitive di PC kamu. Peneliti bisa menemukan dan memanipulasi kode dari mana pesan di buat di aplikasi WhatsApp Web.

Copyright©Jalantikus

Weizman kini terus membuat spanduk dengan pratinjau tautan untuk menyertakan tautan yang berpotensi di susupi malware. Dengan munculnya kabar ini, pihak WhatsApp pun di ketahui telah memperbaikinya dan para penggunanya bisa tenang dari ancaman bug yang terdapat di WhatsApp Web tersebut.

Baca juga : Fitur Dark Mode di WhatsApp Memang Bikin Nyaman Mata, Tapi …

Tapi yang perlu di ingat, Gal Weizman menyarankan pengguna tidak menggunakan Google chromium versi lama untuk mencegah aksi hacker jahat ini. Dan juga pengguna di sarankan untuk mengupdate WhatsApp iPhone agar keamanan data pribadi mereka tetap terjaga.

Kabar mengenai tidak amannya aplikasi WhatsApp ini bukanlah hal baru. Sebelum ditemukan bug berbahaya pada aplikasi WhatsApp Web, banyak pihak yang menyangsikan keamanan dari aplikasi pesan singkat yang kini berada dibawah naungan Facebook itu.

Bahkan pengguna Telegram, Pavel Durov menyebut bahwa WhatsApp adalah aplikasi berbahaya karena Durov menganggap enkripsi end-to-end pada aplikasi ini ternyata tidak berguna.

Benarkah kini WhatsApp semakin tidak aman?

Baca juga : Gawat ! 3 Kelemahan Ini Disebut Bikin WhatsApp Berbahaya !