Hapus Aplikasi Android Populer Ini Sekarang Atau Tabunganmu Akan Raib !

0
105
Copyright©Suara

Tak Berguna, Aplikasi Android Ini Justru Bisa Merampokmu Lho !

Eratekno.comDitengah wabah Corona yang sudah menyebar luas di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia tentu membuat banyak orang merasa khawatir. Hal itulah yang di manfaatkan oleh para developer untuk menghadirkan aplikasi Android untuk mendeteksi virus COVID-19 ini.

Namun sayangnya dibalik fungsinya itu ternyata aplikasi Android semacam itu menyimpan bahaya yang mengerikan. Perusahaan keamanan asal Amerika Serikat, Domain Tools melaporkan bahwa mereka telah menemukan aplikasi Android peta penyebaran virus Corona yang ternyata di susupi oleh ransomware berbahaya.

Dikutip dari Gizchina pada Rabu, 18 Maret 2020, seorang peniliti keamanan computer di DomainTools yakni Tarik Saleh mengatakan aplikasi pelacak pandemi virus corona bernama CovidLock telah menyembunyikan ransomware. Aplikasi Android ini bisa mengunci ponsel kamu sebelum meminta tebusan dalam bitcoin.

Baca juga : HP Android Ini Resmi Tiba dengan Kamera 20MP, Harganya Cuam Segini Lho !

Sebenarnya aplikasi ini tak tersedia di Google Play Store. CovidLock ini hanya tersedia pada situs web coronavirusapp. Sejak awal, peretas telah menggunakan kartu pelacakan online untuk menyebarkan malware dalam aplikasi ini.

Usai diinstal pada smartphone pengguna, ransomware akan dengan cepat mengunci perangkat. Ransomware ini sendiri hanya akan berjalan pada ponsel tanpa kata sandi. Bila perangkat anda tidak memiliki kata sandi, maka CovidLock akan menetapkan kata sandi bagi anda untuk mencegah anda mengakses perangkat.

Copyright©CNBC

Ketika smartphone-mu terkunci, peretas akan memberimu waktu 24jam untuk menyetor US$100 dalam bitcoin di alamat BTC. Sebagai imbalan untuk tidak menghapus data dan tidak mengungkapkan konten pribadi di media social. Setelah menerima uang, peretas berjanji untuk memberikan kode untuk membuka ponselmu.

Baca juga : Menkominfo Hadirkan Fitur Baru Bagi Pengguna WhatsApp Indonesia

“Kami akan memantau lokasi GPS Anda dan posisi Anda. Jika Anda mencoba sesuatu yang bodoh, ponsel cerdas Anda akan terhapus secara otomatis,” tulis pesan peringatan yang ditampilkan oleh peretas.

“Penjahat dunia maya suka mengeksploitasi orang ketika mereka berada pada posisi paling rentan. Mereka menggunakan peristiwa dramatis yang menyebabkan orang menjadi emosional atau takut untuk mendorong keuntungan mereka. Setiap kali ada siklus berita besar yang terjadi pada suatu topik yang menimbulkan reaksi keras, penjahat cyber tidak akan jauh ketinggalan,” jelas Tarik Saleh.

Oleh sebab itu berhati-hatilah dan jangan sembarangan mengunduh aplikasi Android dari situs yang tidak resmi atau banyak bahaya mengintai HP Android kamu.

Baca juga : Berbahaya, Jangan Pernah Buka Informasi Tentang Corona di Hp Android Kalian!