Hapus Saja Jika Dapat Chat WhatsApp Seperti Ini Atau Tabunganmu Akan Raip !

1174
Copyright©Tribun

Hati-Hati, Modus Penipuan Ini Masih Marak di WhatsApp !

Eratekno.comWhatsApp kini menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di berbagai penjuru dunia. Nah seiring dengan kepopuleran WhatsApp ini, banyak orang yang tak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan untuk melakukan penipuan di aplikasi besutan Facebook ini.

Yups, hingga kini masih banyak laporan penipuan yang menggunakan akun WhatsApp. Taktik ini serupa sebelumnya juga pernah dilakukan pada Facebook dan Instagram.

Seperti baru-baru ini dilansir dari situs The Straits Times, di Singapura ada total 18 laporan dimana penipu mengambil alih akun WhatsApp dan menghubungi teman-teman korban untuk meminta gambar kartu kredit atau debit mereka.

Baca juga : Ini yang Terjadi Jika WhatsApp Dihapus, Udah Siap?

Dalam modus semacam ini, seorang korban menerima pesan WhatsApp yang diduga dari seorang teman untuk mengirim lebih dari enam digit kode verifikasi. Tapi jangan terkecoh dulu karena chat itu biasanya dikirim oleh penipu yang ingin mengambil alih akun WhatsApp korban.

Jika korban memberikan enam digit kode verifikasi, nantinya korban akan kehilangan akses ke Akun WhatsApp yang ditautkan ke nomor ponselnya. WhatsApp sendiri memang memerlukan mode ini saat seseorang mendaftarkan nomor telepon untuk ponsel atau perangkat baru.

Copyright©Iftt

Dengan memakai akun korban, penipu akan menyamar sebagai korban pertama dan mengirim pesan kepada kontaknya, meminta nomor kontak dan gambar kartu kredit atau debit.

Baca juga : Curiga Diselingkuhi? Cek Aktivitas Pasanganmu di WhatsApp dengan Cara Ini !

Permintaan ini penipu lakukan dengan dalih membantu mereka mendaftar dan mengklaim hadiah untuk undian palsu yang seharusnya dilakukan secara online, seperti dari marketplace Lazada, Shopee atau Qoo10. Para korban berikutnya ini lalu diminat untuk memberikan kata sandi satu kali (OTP) yang nantinya mengesahkan transaksi pada kartu-kartu ini.

Polisi sendiri juga telah mengingatkan orang-orang untuk tidak pernah memberikan informasi pribadi kepada siapapun, seperti rincian rekening bank atau kartu maupun OTP. Mereka juga tak bolah membagikan kode verifikasi akun WhatsApp mereka atau akun mereka bisa disusupi.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk memeriksa situs web resmi marketplace lebih dulu untuk memastikan bahwa penawaran undian yang dikutip dalam chat WhatsApp itu memang resmi diadakan.

So, Be Aware Ya Guys !

Baca juga : Anti Dikepoin, Begini Cara Hentikan Orang Stalking WhatsApp Kamu !