Hapus Saja Jika Dapat Pesan Ini di WhatsApp Atau Kejadian Apes Ini Akan Menimpamu !

223
Copyright©phinemo

Gawat ! Pesan WhatsApp Seperti Ini Bisa Curi Data Pribadimu !

Eratekno.comAdanya himbauan dari Pemerintah untuk kerja dari rumah menjadikan koneksi internet merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan untuk melakukan  kerja dari rumah ataupun belajar online dirumah. Tapi di keadaan genting seperti ini masih ada aja pihak yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan kejahatan.

Hoaks terkat penyakit Covid-19 pun bermunculan, salah satunya adalah penawaran gratis kuota internet yang dibagikan di WhatsApp. Sebuah pesan menawarkan kuota gratis 20GB ramai dibagikan di berbagai grup WhatsApp dan media social lainnya.

“Koneksi Internet GRATIS 20 GB. Dapatkan 20 GB internet gratis selama 60 hari untuk setiap operator seluler. Saya baru saja mengaktifkan saya, [link ke sebuah situs berdomain .club],” demikian isi pesan hoaks yang beredar.

Baca juga : Update WhatsApp Dirilis Kembali, Apa Yang Baru?

Chat WhatsApp itu berisi informasi palsu yang sebenarnya sudah beredar sejak 2018 lalu dan kini kembali tersebar. Pada bagian bawah pesan tertera sebuah tautan yang jika diklik akan membawamu pada laman web tertentu yang tampilannya tampak menyakinkan.

Pada laman itu tertera tulisan “ koneksi internet gratis 20 GB selama 60 hari”. Kemudian di bagian bawah, Anda akan diwajibkan mengisi sebuah kuesioner demi mendapat kuota gratis untuk seluruh operator tersebut. Kemudian lewat laman yang meyakinkan, pengguna akan dimintai untuk mengisi segala data yang dapat disalahgunakan.

Copyright©Kompastekno

Jangan pernah mengklik link yang disertakan dalam pesan berantai ini karena ini merupakan salah satu trik penipun berkedok kuota gratis untuk mencuri data pengguna WhatsApp.

Baca juga : Hapus Aplikasi Android Populer Ini Sekarang Atau Tabunganmu Akan Raib !

Dari kuesioner tersebut data pengguna, seperti nomor ponsel, alamat email bahkan izin untuk terhubung ke media social dicuri peretas untuk disalah gunakan.

Modus ini merupakan trik lama yang digunakan para hacker untuk mengelabuhi pengguna. Modus ini biasanya mengincar pelanggan dari perusahaan besar. Menanggapi hal itu, operator Telkomsel dan XL Axiata seudah sejak lama menyatakan penawaran kuota internet gratis 20GB itu adalah hoaks.

Jadi jika kamu dapat pesan seperti itu di WhatsApp langsung hapus saja dan jangan sekali-kali mengklik tautan tersebut apalagi membagikan ke pengguna lain.

Be Aware ya guys !

Baca juga : WhatsApp Punya Fitur Untuk Mudahkan Pengguna “Kerja Dari Rumah”, Wajib Dicoba !