Hapus Saja Jika Dapat SMS Seperti ini Di Hp Android, Berbahaya!

0
5694
Copyright©India Times

Hacker Bisa Bajak Hp Android Kalian Melalui SMS

Eratekno.com – Bagi anda pengguna Hp Android, ada kabar buruk yang tak boleh anda abaikan. Dimana ada celah keamanan di smartphone tersebut dari berbagai merek yang rentan dimanfaatkan oleh hacker dalam melakukan serangan Phising.

Sebuah perusahaan solusi keamanan cyber bernama Check Point Research (CPR) yang telah berhasil mengungkapkan kerentanan dalam Hp Android tersebut. Dalam laporannya, CPR menyebutkan jika kerentanan ini membuat para hacker bisa mencuri alamat email pemilik smartphone dengan cara mengirimkan SMS palsu.

Baca juga: 3 Aplikasi Streaming Dewasa No Sensor Buat Kamu yang 18+

SMS palsu ini memang sengaja dirancang oleh mereka guna mencegah semua lalu lintas email dari dan kedalam Hp Android korban. Metode yang dilakukan oleh para hacker ini adalah layanan over the air (OTA), dimana melalui operator jaringan seluler khusus buat para ponsel baru yang bergabung dengan mereka.

Copyright©India Times

Seperti yang dilaporkan oleh Globe News Wire, CPR mengatakan jika para hacker ini bisa saja berpura-pura menjadi operator seluler, lalu mengirimkan SMS palsu ke pengguna Hp Android. Pesan tersebut bertujuan untuk menipu pengguna agar nantinya mau menerima pengaturan berbahaya mereka, seperti mengarahkan lalu lintas trafik internet melalui server proxy yang dimiliki oleh si hacker.

Baca juga: Resmi Rilis, HP Android dengan Kamera 48MP Ini Harganya Rp 1jutaan !

“Mengingat popularitas perangkat Android, ini adalah kerentanan kritis yang harus segera diatasi. Tanpa autentikasi yang lebih kuat, mudah bagi hacker melakukan serangan phishing lewat OTA. Ketika pengguna menerima SMS palsu, mereka tidak bisa membedakan apakah itu dari sumber yang tepercaya atau tidak. Dengan klik ‘terima’, mereka bisa membiarkan hacker masuk ke ponsel mereka,” kata Slava Makkaveev, salah satu peneliti keamanan CPR, dikutip dari laman Inet.Detik.

Mengenai hal tersebut, sejumlah perusahaan Hp Android seperti Samsung, LG dan Huawei telah memberikan update guna menangkal serangan ini. Sementara perusahaan Sony menolak mengakui hal tersebut, dan mereka berdalih jika ponsel mereka sudah sesuai dengan OMA CP.

Baca juga: 10 HP Android Terkencang Bulan Agustus 2019, Punyamu Ada?