Hapus Sekarang Juga, 8 Aplikasi Android Populer Ini Ternyata Curi Data Pengguna!

0
531
Copyright©Daily Express

7 Aplikasi Android Diantaranya Milik Cheetah Mobile

Eratekno.com – Perlu diketahui, jika ada 8 Aplikasi Android yang telah secara kolektif diunduh lebih dari 2 Miliar kali di Play Store, dan ternyata aplikasi tersebut secara diam-diam mencuri data para penggunanya.

Hal ini merupakan temuan anyar dari Kochava selaku Firma analisis Aplikasi. 7 Aplikasi Android yang diketahui mencuri data pengguna tersebut merupakan garapan perusahaan asal China yakni ‘Cheetah Mobile’.

Baca juga: Tanpa Disadari, 5 Aplikasi Android Ini Ternyata Sedot Banyak Kuota Internet!

Beberapa Aplikasi Android tersebut diantaranya adalah Clean Master yang kini sudah didownload lebih dari 1 Miliar kali, Security Master (540 juta kali), CM Launcher (225 juta kali), Battery Doctor (200 juta kali), Cheetah Keyboard (105 juta kali), CM Locker (105 juta kali), dan CM File Manager (65 juta kali).

Copyright©Daily Express

Dan satu lagi Aplikasi Android yang ternyata curang dengan mengambil data pengguna secara diam-diam, aplikasi tersebut adalah Kika Keyboard. Hingga kini, tak kurang dari 205 juta pengguna android telah mendownload aplikasi ini di Play Store.

Baca juga: 9 Skin Baru Mobile Legends Segera Dirilis, Begini Cara Mendapatkannya!

Aplikasi Android ini dikembangkan oleh developer Kika Tech, yakni perusahaan asal China yang berpusat di Silicon Valley. Perusahaan ini sendiri telah mendapatkan pendanaan dari Cheetah Mobile pada tahun 2016 silam.

“Kecurangan ini dilakukan perusahaan-perusahaan berskala besar, bukan peretas random yang beroperasi dari basement,” kata Grant Simmons, selaku Head of Client Analytics Kochava, dikutip dari laman Kompastekno.

Dalam operasinya, pihak Cheetah Mobile dan Kika tech telah melakukan eksploitasi perizinan penggunaan aplikasi (App Permisions) di sebuah smartphone. Nah dari sini, mereka bisa melacak Aplikasi Android apa saja yang selanjutnya bakal diunduh oleh pengguna nanti.

Setelah itu, kedua perusahaan ini mengelabui sistem dan mereka juga mengklaim yang menyebabkan Aplikasi tertentu diunduh. Tentu tehnik ini semata-mata untuk mendapatkan keuntungan dari aplikasi android yang telah di install oleh pengguna nanti.

Baca juga: Biar Makin Kece, Berikut Rekomendasi Aplikasi Tema Smartphone Android Terbaik