Hapus Sekarang Juga ! Aplikasi Android Populer Ini Bisa Bobol Uangmu Lho !

1857
Copyright©ibitimes.co.uk

Aplikasi ai.type Mengandung Malware Berbahaya 

Eratekno.comBeberapa waktu terakhir ini keamanan Android memang tengah menjadi sorotan. Pasalnya sudah banyak sekali aplikasi Android yang ternyata mengandung adware hingga malware berbahaya yang bisa merugikan pengguna.

Yang terbaru adalah aplikasi ai.type dan jika kamu terlanjur menginstall aplikasi Android ini ke HP Android kamu, sebaiknya segera hapus sekarang juga. Yups aplikasi papan ketik populer ini ternyata telah di susupi malware berbahaya.

Bahkan malware tersebut bisa membobol uang hingga miliaran rupiah. Kok bisa? Di lansir dari Phone Arena pada Senin, 4 November 2019 kemarin, malware tersebut pertama kali di temukan oleh perusahaan keamanan internet bernama UpStream Security D.

Baca juga : Tak Disangka, 5 Aplikasi Android Bikin HP Android Cepat Mati !

Menurut penelusuran yang di lakukan oleh UpStream, aplikasi ai.type ini bisa merugikan para pengguna HP Android. Bagaimana tidak, malware yang terdapat di aplikasi Android ini bisa melakukan pembelian konten premium secara sepihak atau tanpa izin dari pemilik smartphone Android itu.

Cara kerjanya, aplikasi ini bakal mengirimkan teks verifikasi yang mengkonfirmasi transaksi ke konten premium tanpa di ketahui oleh pemilik ponsel. Aplikasi Android ini telah menyebabkan masalah di 13 negara dengan Negara yang paling rentan adalah Mesir dan Brasil.

Copyright©Telset

Dari malware itu pengguna bisa mengalami kerugian lebih dari USD 18juta atau Rp 252 miliar. Beruntung jika Upstream berhasil mencegah 14 juta transaksi mencurigakan dari 110 ribu pengguna ai.type sehingga kerugian tersebut tidak terjadi.

Baca juga : Damage Makin Pedih,Hero Mobile Legends Ini Dapatkan Revamp dari Moonton, Sudah Coba?

“ai.type berisi perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK) dengan tautan yang telah dikodekan ke iklan dan berlangganan pengguna ke layanan premium tanpa persetujuan mereka. SDK ini menavigasi ke iklan melalui serangkaian pengalihan dan secara otomatis melakukan klik untuk memicu langganan.” tutur Head of Secure Upstream D, Dimitris Maniatis.

Selain itu malware ini juga berpotensi membocorkan data karena aplikasi ini mampu mengakses pesan teks, foto, video hingga data kontak.

Sebagai informasi, Aplikasi ai.type ini dikembangkan oleh perusahaan asal Israel yang dinamai ai.typ LTD dan sudah diunduh lebih dari 40juta kali. Google Play Store sendiri sudah menghapus aplikasi Android ini sejak Juli lalu, tapi UpStream masih menemukan aplikasi Android ini digunakan banyak pengguna Android.

Baca juga : Uninstall Sekarang, 5 Aplikasi Android Ini Ternyata Bikin HP Android-mu Lemot Lho !