Hasil Pertemuan MUI Selesai, PUBG Mobile CS Batal di Haramkan?

0
779
Copyright©XDA Developers

Pada Diskusi MUI Kemarin Tidak Khusus Membahas PUBG Mobile

Eratekno.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) diketahui telah menggelar sebuah Forum Grup Discussion (FGD) dengan sejumlah ahli terkait keberadaan game yang mengandung kekerasan di masyarakat. Dimana salah satu game yang santer dikabarkan ini adalah PUBG Mobile.

Nah dalam kesempatan ini, pihak MUI dan para ahli tersebut tidak hanya secara khusus membahas PUBG Mobile, akan tetapi game secara keseluruhan yang terindikasi konten kekerasan, terorisme, dan radikalisme didalamnya.

Baca juga: Bocah Dibawah Umur Dilarang Main PUBG Mobile, Apa Alasannya?

Asrorun Niam Sholeh, selaku Sekretaris Komis Fatwa MUI yang beberapa waktu lalu sempat mengadakan debat dengan salah satu pemain PUBG Mobile memaparkan, jika dalam pertemuan kemain ada sejumlah masukan dari para ahli seperti Kementerian Kominfo, Asosiasi e-Sport Indonesia, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), ahli psikologi, hingga Kantor Staf Kepresidenan.

Copyright©XDA Developers

“Diskusi tadi diperoleh beberapa catatan pada pertemuan ini. Game sebagai produk budaya memiliki sisi negatif dan positif. Untuk itu peserta FGD mempunyai kesamaan pandangan mengoptimalkan sisi positif game, salah satu mengkanalisasi melalui e-Sport yang mengoptimasi kemanfaatan, meminimalisir dampak negatif,” kata Asrorun Niam dikutip dari laman Inet.Detik.

Baca juga: PUBG Mobile Punya Map Baru, Begini Penampakannya?

Niam menambahkan, jika pihak MUI maupun pihak lainnya juga setuju untuk memberikan batasan kepada game yang dinilai memberikan pengaruh kepada penggunannya, dan game yang dimaksudkan ini bukanlah PUBG Mobile.

“Misalnya ada game yang tonjok guru, akhirnya anak menonjok guru betul. Ini sekedar gambar ada game yang memberi pengaruh terhadap penggunanya. Hal seperti ini kita punya kesamaan untuk dibatasi dan pelarangan,” lanjut Niam.

Niam menambahkan, dalam pembahasan kemarin tidak hanya merujuk pada satu jenis game saja ( PUBG Mobile ), namun lebih pada sejumlah game yang dinilai memiliki konten negatif dan dinilai sejauh mena dampak yang diberikan kepada user nantinya.

Baca juga: Hindari Blokir, PUBG Mobile Hadirkan Fitur Baru Untuk Batasi Waktu Bermain!