Hi App Segera Hadir, Aplikasi Lokal Yang Bakal Jadi Saingan WhatsApp, Apa Keunggulannya?

0
691
Copyright©Indozone

Aplikasi Chatting Buatan Lokal Hi App Bakal Jadi Saingan WhatsApp, Apa Bedanya?

Eratekno.comBeberapa waktu yang lalu Pemerintah Indonesia membatasi akses terhadap media sosial, termasuk WhatsApp karena adanya aksi 22 Mei 2019 lalu.

Ketika media sosial di batasi, beberapa aplikasi chatting selain WhatsApp pun diminati para pengguna, salah satunya adalah aplikasi buatan lokal yang cukup viral yakni Hi App.

Bahkan aplikasi tersebut sempat berada di posisi nomor #1 Trending Apps di Google Play Store. Aplikasi ini di kembangkan oleh developer Indonesia untuk memfasilitasi komunikasi melalui chat, voice dan video call.

Baca juga : Jangan Lakukan! 8 Hal Ini Bisa Bikin WhatsApp-mu Diblokir Lho!

Ari Widagdo selaku pendiri Hi App mengatakan bahwa aplikasi ini sudah di siapkan sejak tahun lalu. Tak sekedar ingin menjadi alternative dari aplikasi chat yang sudah populer, Hi App ini cukup ambisius menantang aplikasi perpesanan yang kini tengah jadi idola yakni WhatsApp.

Copyright©DetikNet

“Aplikasi ini dibuat dengan tujuan menggantikan aplikasi messenger dari luar negeri seperti WhatsApp, Line, dan Telegram,” kata Tyovan optimistis di lansir dari DetikNet.

Untuk orang yang pertama kalinya menggunakan aplikasi ini akan berpendapat Hi App sangat mirip dengan WhatsApp. Pasalnya aplikasi ini juga menggunakan warna dominan hijau seperti WhatsApp. Tyovan tidak memungkiri hal itu. ia mengatakan justru kemiripan itu merupakan salah satu strategi untuk memudahkan orang beralih menggunakan Hi App.

Baca juga : 3 Aplikasi Android yang Pas Banget Jadi Teman Mudik Kamu, Udah Punya?

“Kecenderungan orang itu kalau sudah nyaman dengan satu aplikasi malas berpindah. Makanya user interface dibuat mirip supaya user tidak perlu adaptasi lagi. Jadi mereka sudah terbiasa, ga perlu belajar lagi dan feel-nya sama,” ungkap Tyovan.

Meski terlihat mirip, aplikasi ini tetap punya perbedaan yakni pada pemisahan personal chat dengan group chat pada tab berbeda. Menurutnya ini sesuai dengan karakteristik orang Indonesia yang lebih suka mengobrol di grup.

Tak hanya itu saja, ada juga fitur “Show Unread Message” yang menampilkan pesan yang belum terbaca. Ada juga fitur Audio call dan Video call yang lebih jernih di bandingkan WhatsApp.

Aplikasi Hi App ini masih dalam tahap versi beta atau uji coba. Rencananya aplikasi yang mau jadi pesaing Whatsapp ini baru akan resmi di rilis ke publik akhir Juni 2019 nanti.

Baca juga : Akun Twitter Kamu Diretas? Begini Cara Mengatasinya !