Ini Akun Chatbot WhatsApp Kemenkominfo Soal Virus Corona!

0
147
Copyright©kompastekno

Akun Chatbot Kemenkominfo Hanya Untuk WhatsApp

Eratekno.com – Setelah diberitakan beberapa waktu lalu, Akhirnya Johnny G. Plate selaku Menkominfo telah secara resmi mengumumkan akun Chatbot bagi pengguna WhatsApp di Indonesia.

Akun ini berguna untuk memberikan informasi aurat soal merebaknya virus Corona di Indonesia, adapun akun tersebut memiliki nama covid.go.id. Johnny menambahkan, pemerintah melalui Kominfo memang menjalin kerjasama dengan WhatsApp serta Telkom Group guna membangun Chatbot WhatsApp agar bisa diakses dengan mudah oleh publik.

Baca juga: WhatsApp Punya Fitur Untuk Mudahkan Pengguna “Kerja Dari Rumah”, Wajib Dicoba !

“Publik dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah tersebut untuk memperoleh informasi secara interaktif melalui chatbot yang kontennya disediakan oleh BNPB dan Kementerian Kesehatan,” kata Johnny, dikutip dari laman Inet.Detik.

Copyright©kompastekno

Lebih lanjut, Johnny menjelaskan jika akun chat pemerintah di WhatsApp ini sedang dikembangkan. Diharapkan, jika nantinya akun tersebtu sudah bisa diakses sepenuhnya oleh public hari Jumat (20/3/20) ini.

Dengan adanya akun chatbot di WhatsApp tersebut, jelas melengkapi kanal informasi yang sudah tersedia sebelumnya, seperti SMS Blast dengan pengirim dari BNPB melalui operator seluler, Call center 119, dan Public Service Announcement (PSA) oleh Lembaga Penyiaran Publik dan Penyiaran Swasta baik Radio maupun Televisi, serta informasi yang disampaikan oleh Penyedia Layanan Akses Internet (ISP), maupun Penyedia Jasa Media online.

Johnny juga menjelaskan, jika akun Chatbot dari Kominfo yang membahas soal virus Corona di Indonesia ini hanya tersedia untuk WhatsApp, tidak tersedia untuk aplikasi lain seperti Instagram misalnya.

“Apabila nanti Telegram ikut ambil bagiannya, tentu dengan senang hati kita bekerja sama,” pungkas Johnny.

Baca juga: Hapus Saja Jika Dapat Pesan Ini di WhatsApp Atau Kejadian Apes Ini Akan Menimpamu