Ini Bukti Kalau Hp Android Jauh Lebih Aman Dibandingkan iPhone, Gimana Menurutmu?

0
250
Copyright©KliknKlik

Hp Android Lebih Sulit Dibobol Dibandingkan iPhone

Eratekno.com – Beberapa waktu lalu santer diberitakan, dimana pemerintah Amerika Serikat meminta kepada Apple untuk disediakan backdoor guna mengakses data milik penggungguna iPhone. Diklaim jika permintaan pemerintah AS itu atas dasar untuk mengungkap pelakuk kejahatan disana.

Seperti yang dilaporkan oleh laman Android Authority, rupanya  penegakhukum AS masih tetap bisa membobol iPhone tanpa bantuan dari pemilik perusahaan. Biasanya mereka menggunakan teknologi yang ditawarkan oleh Cellebrite, Grayshift, maupun MSAB.

Baca juga: Waduh, Hp Android Oppo ini Kena Dampak Virus Corona!

Yang menarik, dimana Hp Android ini lebih sulit untuk ditembus dengan menggunakan teknologi tersebut dibandingkan iPhone. Hal tersebut diungkapkan oleh Detektif Rex Kiser yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan forensic digital di kepolisian Fort Worth.

Copyright©KliknKlik

“Setahun yang lalu kita tidak bisa membobol iPhone, tapi kita bisa memasuki semua ponsel Android. Kini kita tidak bisa masuk ke banyak ponsel Android,” Ujar Kiser kepada Vice dikutip dari laman InetDetik.

Baca juga: Siapkan Budgetmu ! HP Android RAM 6GB Harga Terjangkau Ini Meluncur Pekan Depan !

Salah satu perusahaan teknologi yang paling banyak digunakan otoritas adalah Cellebrite. Dimana alat yang mereka miliki mampu membobol berbagai jenis iPhone, bahkan hingga iPhone X. Alat mampu mendeteksi seperti catatan GPS, log panggilan, pesan, kontak, bahkan data yang lebih spesifikasi seperti di Instagram, Twitter, maupun Linkedin.

Sementara itu, alat milik Cellebrite ini malah kesulitan dalam membobol enkripsi di Hp Android. Alat ini pernah dicoba untuk membobol data media sosial, GPS, maupun browsing dari Pixel 2, Galaxy S9, hingga Huawei P20 Pro, namun tidak berhasil.

Namun ingat, hal ini bukan berati Hp Android kalian benar-benar aman dari pembobolan. Bagi orang yang berniat jahat, masih tetap bisa membobolnya namun membutuhkan waktu yang lebih lama. Bahkan perangkat iPhone terbaru yakni iPhone 11 Pro Max masih tetap bisa dibobol.

Baca juga: HP Android Flagship “Termurah” Ini Dipastikan Rilis Pekan Depan, Minat Beli?