Ini Dia Duo Smartphone Andalan Samsung yang Bikin Xiaomi Teler Lagi

0
21648
Samsung Xiaomi
Copyright©Pandaily

Kedua Smartphone Ini Berhasil Buat Samsung Duduki Puncak Pasar India Lagi

Eratekno.com – Seperti yang kita tahu bahwa kebangkitan Xiaomi di pasar India selama Q4 2017 dan Q1 2018 telah menggegerkan publik, pasalnya perusahaan asal Tiongkok tersebut secara mengejutkan mampu penguasa bertahan selama bertahun-tahun yakni Samsung. Akan tetapi berkat arus balik yang diberikan oleh perusahaan asal Korea Selatan ini, Xiaomi harus puas dengan kedudukan pemasarannya di peringkat kedua lagi.

Posisi pertama kembali ditempati oleh Samsung, dan ternyata dua Smartphone Andalan yang diklaim menjadi pahlawannya di India adalah Galaxy J6 dan J8. Untuk perangkat Smartphone Samsung Galaxy J6 ini menjadi perangkat paling laris ketiga di Negara Taj Mahal selama bulan April hingga Juni 2018.

Simak Nih: Fungsi Baru Stylus Pen Samsung Galaxy Note 9

Hal ini tidak lain lantaran adanya penyematan fitur premium pada Galaxy J Series, yakni Infinity Display, Dual-Camera, dan juga Face Unlock. Selain itu, pemasarannya yang memang menarik menjadi nilai tambah sendiri bagi Samsung untuk memasarkan produk besutannya tersebut.

Counterpoint Search
Copyright©Counterpoint Re-Search

Jika dilihat dari data Counterpoint tersebut, sepertinya Samsung masih belum waktunya untuk lega terlebih dahulu lantaran penguasaan pasar hanya beda 1% saja dari Xiaomi. Dengan begini perusahaan asal China tersebut bisa jadi menyalip kembali pada Q3 2018 mendatang.

Disisi lain, selain Xiaomi kedudukan tertinggi pemasaran Smartphone di India mulai peringkat 2 hingga 5 semuanya dikuasai oleh vendor asal Tiongkok. Mulai dari Vivo dengan penguasaan pasarnya yang mencapai 12%, kemudian disusul OPPO dengan perolehan 10%, serta di posisi kelima ada Honor yang menjadi anak perusahaan Huawei dengan hasil 3% saja.

Perlu diketahui bahwa Negara India merupakan wilayah dengan penduduk terpadat di Dunia sekaligus menjadi ladang keuntungan bagi vendor Smartphone terbesar kedua setelah China. Sebagaimana yang telah didapat dari laporasn sensus dari United State Census Bureau yang rilis 1 Juli 2018 kemarin, penduduknya mencapai 1,296,834,042 jiwa.

Meski market share masih kalah, namun Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5 Pro masih menduduki posisi pertama dan kedua Smartphone paling digemari. Sedangkan untuk Redmi Note 5 menjadi yang terlaris keempat, alias berada dibawah Samsung Galaxy J6. Kemudian ada Vivo Y71 di peringkat kelima di India.

baca juga: Sempat Dipegang Xiaomi, Kini Samsung Kembali Ke Posisi Puncak di Wilayah Ini