Ini Dia HiAssistant, Asisten Punya Huawei Penantang Google Assistant!

0
240
HiAssistant
copyright©GoAndroid

HiAssistant, Asisten Digital Milik Huawei yang Hadir dengan Berbagai Kemampuan Mumpuni!

Eratekno.com – Seperti di ketahui raksasa teknologi Google kini memang memiliki asisten virtual yang di sebut Google Assistant yang sudah terkenal dengan kecerdasannya. Hal itu sepertinya juga akan di lakukan oleh vendor asal Tiongkok Huawei.

Ya Huawei selama ini memang menggaungkan kecerdasan buatan di chipset premium buatannya yakni Kirin 970. Kendati demikian, teknologi tersebut baru di ketahui penggunaannya untuk menambahkan kemampuan kamera.

[email protected]

Akan tetapi berdasarkan informasi yang di lansir dari XDA Developer, Huawei ternyata memiliki asisten digital yang di beri nama HIAssistant yang terdapat pada smartphone flagship besutannya yakni Huawei Mate 10 dan Huawei Mate 10 Pro. Aplikasi ini di tenagai oleh HiAI, Mobile Computing agar bisa menjalankan fungsi layaknya asisten digital.

Baca juga: Membidik Kelas Bawah, Ini Dia Bocoran Smartphone Misterius dari Huawei

Dengan adanya dukungan tersebut, asisten milik Huawei tersebut bisa memiliki fitur yang bersaing dengan para kompetitornya seperti Google Asisstant milik Google, Alexa milik Amazon dan Bixby besutan Samsung serta Google Lens.

Ada juga kemampuan lain yang tersemat di dalamnya yakni Natural Language Undertranding (NLU) yang di tugaskan sebagai penerjemah struktir bahasa manusia yang komplak. NLU ini di klaim dapat memecahkan salah satu permasalahan yang di hadap oleh asisten digital pada umumnya yang memungkinkannya mengerti frasa secara utuh. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna dengan keterbatasan bahasa asing.

Namun sayangnya, asisten digital besutan Huawei yakni HiAssistant tersebut saat ini masih menjadi fitur ekslusif yang hanya bisa di temukan di tenagai asalnya yaitu China.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan CloudAIR 2.0 Kerjasama dengan Huawei di MWC 2018 !

Perangkat yang bisa menjalankan HiAssistant adalah yang menggunakan chipset premium Huawei Kirin 970 dan antarmuka EMUI 8.1. sampai saat ini belum ada informasi kapan Huawei akan merilis asisten digital besutannya ini untuk perangkat lain secara global.

Sementara itu, belum lama ini Sebuah smartphone dengan merek dagang Huawei mate X baru saja di daftarkan di Tiongkok.

Melalui TENAA yang merupakan otoritas telekomunikasi negera tersebyt, pabrikan smartohone itu rupanya akan menggunakan nama tersebut sebagai salah satu smartphone di jajaran produk kelas atas besutannya. Tapi belum di ketahui kapan di rilis ke pasaran.

       Baca juga Huawei Mate X Muncul di TENAA, Bakal Segera Dirilis?