Inilah Daftar Konten ‘Terlarang’ Versi Facebook Yang Perlu Diketahui!

0
360
Copyright©Tek.id

Facebook Berantas Konten Yang Melanggar

Eratekno.comMedia sosial raksasa, Facebook memang selalu berupaya keras untuk memberikan layanan terbaik bagi pengguna agar tetap nyaman menggunakan platform-nya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh layanan ini adalah dengan memberantas konten-konten tidak pantas dan melanggar yang ada. Dimana platform ini diketahui mulai mengungkapkan jumlah konten yang telah dibasmi karena diklaim melanggar kebijakan yang ada, padahal sebelumnya tidak pernah diungkapkan.

Baca Juga : Belum Tahu? Berikut Beberapa Fitur Tersembunyi Facebook Yang Perlu Diketahui!

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Sheen Hando selaku Part Content Policy Facebook APAC di ruang Komunal Facebook, bahwa “Sebelumnya, kami tidak pernah mengungkapkan ini. Tapi tahun lalu kami sudah merilis laporan,” ujarnya. Dan perlu diketahui berdasarkan laporan yang ada telah menyebutkan bahwa, selain ujaran kebencian (hate speech), ada juga konten pornografi, akun palsu, spam, propaganda teroris, kekerasan dan konten grafis. Bahkan tercatat dua laporan dalam satu tahun yang berisi pelanggaran konten.

Terkait hal itu, Hando sendiri juga menyebutkan banyak hal dalam laporan, termasuk jumlah pelanggaran yang terdapat di layanan Facebook. Ia menyebutkan bahwa sudah banyak konten pelanggaran yang telah dihapus. “Kami merilis laporan termasuk seberapa sering pelanggaran di Facebook dan berapa banyak konten yang kami tindak maupun hapus karena melanggar,” jelasnya.

Copyright©tribunnews

Dan perlu diketahui, bahwa laporan tersebut juga mengungkapkan tentang penemuan konten ‘Haram’ yang dikatakan semakin meningkat, seperti yang diketahui pada Q4 2017 telah menampilkan konten ujaran kebencian hingga mencapai 24 persen, namun seiring berjalannya waktu konten tersebut semakin banyak sehingga pada Q3 2018 meningkat menjadi 52 persen. Sementara di Q2, mereka mengatakan telah menghapus akun palsu yang berjumlah 800 juta yang kemudian di Q3 2018 menjadi 754 juta akun.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Hando, dimana pihaknya juga selalu berusaha untuk bisa mendeteksi konten ‘Haram’ di Facebook yang melanggar kebijakan. “Dan, yang ketiga dan paling penting (dalam laporan itu) adalah berapa banyak pelanggaran konten yang kami temukan sebelum pengguna melaporkan. Ini menunjukkan bertapa effort yang kami lakukan untuk proaktif mendeteksi konten yang melanggar di Facebook,” ungkapnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Facebook Bermasalah Atau Tidak Bisa Dibuka di Smartphone Android!