Inilah Deretan Negara yang Melarang WhatsApp Beserta Alasan ‘Nyeleneh’!

0
157
Copyright©Daily Express

6 Negara yang Melarang WhatsApp Dengan Alasannya!

Eratekno.comWhatsApp merupakan sebuah aplikasi pesan instant yang banyak digunakan di seluruh dunia. Namun siapa sangka, jika sejumlah negara ini melarang keberadaan WhatsApp di dalam negaranya tersebut.

Seperti enam negara berikut ini, dimana mereka memiliki sejumlah alasan ‘Nyeleneh’ terkait penolakan WhatsApp di negara mereka. Penasaran siapa saja? dikutip dari laman Viva, yuk simak dibawah ini.

Baca juga: WhatsApp Bikin HP Android Lemot? Begini Lho Cara Mengatasinya !

China

Negara pertama yang memblokir WhatsApp adalah China, dimana hal ini mereka lakukan pada saat kampanye politik. Alasannya karena fitur enkrpsi yang dimiliki WhatsApp sangat kuat, sehingga pemerintah setempat tidak bisa mengontrol atas konten yang dikirimkan penduduknya.

Copyright©Daily Express

Korea Utara

Mungkin semua sudah paham ya, jika pemimpin dari Korea Utara yakni Kim Jong Un memang mengontrol akses internet di negaranya, termasuk membatasi aplikasi WhatsApp. Dan bahkan kontrol yang ada di Korea Utara termasuk paling eksrim di dunia.

Kuba

Dinegara ini, hanya jurnalis, politisi, serta mahasiswa terpilih secara hukum saja yang bisa mengakses internet dan juga menggunakan sosial media seperti WhatsApp. Negara kedua juga menduduki peringkat paling rendah kedua dalam indeks kebebasan pers.

Baca juga: Notifikasi WhatsApp Tak Muncul di HP Android-mu? Ini Dia Cara Mengatasinya !

Suriah

Untuk akses sensor internet di negara Suriah memang sangatlah luas, bahkan negara yang dilanda perang tersebut bakal menangkap orang yang mengakses situs web. Selain WhatsApp, negara ini juga memblokir akses Facebook maupun Youtube.

Iran

Untuk pemblokiran WhatsApp di negara Iran ini tidak banyak alasannya, namun kemungkinan masalah keamanan dan sensor yang menjadi penyebab utamanya.

Arab Saudi

Dan negara terakhir yang melarang WhatsApp dinegaranya adalah  Arab Saudi. Hal ini diduga untuk mendukung promosi penyedia layanan telekomunikasi lokasl. Sehingga dengan adanya WhatsApp akan mengancam perusahaan telekomunikasi lokal EUA.

Baca juga: Jangan Panik, Inilah Cara Mudah Hapus Pesan Yang Sudah Lama di WhatsApp !