Instagram Bakal Punya Fact Checker Untuk Berantas Hoaks!

0
167
Copyright©Inet Detik

Upaya Perangi Hoaks, Instagram Bakal Punya Fact Checker!

Eratekno.comDi jaman yang sudah serba digital ini penyebaran berita memang kini semakin cepat dan mudah. Namun terkadang tak hanya berita yang actual tapi juga banyak berita bohong atau biasa di sebut hoaks bertebaran di media sosial.

Untuk mengatasi hal itu kabarnya Instagram melakukan langkah yang sejalan dengan saudaranya yakni Facebook. Di lansir dari laman Phone Arena pada 8 Mei 2019, Facebook saat ini bekerja sama dengan 52 perusahaan untuk melakukan fact checks atau pemeriksaan fakta.

Jika ada konten yang terbukti palsu atau hoaks oleh salah satu fast checker, maka distribusi unggulan melalui News Feed si pembuat akan di kurangi.

Baca juga : Tanpa Ribet! Begini Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Live Video di Android!

Nah kabarnya, aplikasi berbagi foto dan video itu juga akan menerapkan kebijakan yang sama dengan Facebook.

“Pendekatan kami terkait informasi palsu sama dengan Facebook. Ketika kami menemukan informasi palsu, ketimbang menghapusnya, kami akan mengurangi distribusinya,” jelas juru bicara Instagram, Stephanie Otway.

Saat ini mereka di laporkan tengah melakukan pengujian dengan fact checker. Mitra fact checker-nya pun di sebut sama dengan Facebook, termasuk Factheck.org dan agensi berita seperti Associated Press.

Copyright©LINE Today

Dengan adanya pemeriksaan fakta ini, unggahan yang di tandai Instagram akan di hapus dari tab Explore dan laman pencarian tagar. Tapi akan tetap ada di laman si pembuat unggahan.

Langkah ini akan membatasi pembaca unggahan-unggahan polarisasi semacam itu.

Baca juga : Biar Dibanned, Ini Cara Mudah Laporkan Spam dan Akun Palsu di Instagram!

Di kutip dari The Verge, selain membatasi penyebaran konten hoaks, Instagram juga memiliki fitur tambahan seperti pop-up yang akan muncul saat pengguna mencari topic anti-vaksin. Topic ini sering di gunakan untuk menyebarkan berita hoaks.

Di sisi lain, belum lama ini Instagram juga baru saja merilis filter dan GIF bertema Ramadhan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan di Instagram Story-nya.

Ini merupakan filter dan GIF Instagram pertama yang bertema Ramadhan. Filter untuk Ramadhan ini di beri nama Lantern. Lantern bisa di temukan di bagian filter Instagram Stories mulai 5 Mei hingga 5 Juni 2019.

Baca juga : Kesal Postingan Instagram Kamu Sering Dicomot Orang Lain ke Stories Mereka? Ini Dia Cara Mengatasinya