Instagram Hadirkan Fitur Baru ‘Your Activity’, Fungsinya?

0
315
Copyright©selularID

Pengguna Bisa Memantau Dan Membatasi Waktu Pemakaian Instagram

Eratekno.com – Salah satu media sosial Instagram, baru-baru ini dikabarkan sedang mempersiapkan sejumlah fitur baru untuk memanjakan penggunanya. Jika sebelumnya Instagram telah menghadirkan fitur tanggapan cepat berupa emoji di Stories, kini media sosial populer tersebut kembali dikabarkan memiliki fitur baru bernama ‘Your Activity’. Fungsinya?

Baca Juga : Instagram Uji Coba Fitur Emoji Quick Reaction di Stories, Seperti Apa?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa Instagram telah menghadirkan fitur baru ini di aplikasinya setelah diperkenalkan pada Agustus lalu. Dimana fitur ini memungkinkan penggunanya bisa merekam informasi tentang berapa lama waktu yang telah dihabiskan untuk menggunakan Instagram. Fitur ini sendiri juga bisa mengatur batas penggunaan aplikasi tersebut, agar penggunanya tidak terlalu lama memandangi aneka foto dan video di dalamnya.

Bukan hanya itu, ada juga kemampuan untuk menonaktifkan notifikasi secara sementara, agar pengguna tidak tergoda untuk melihat Instagram. Untuk mengakses fitur Your Activity ini sendiri, pengguna bisa mencarinya di menu tiga garis horizontal Instagram yang berada di bagian kanan atas halaman profil pengguna. Dalam pengaturan ini, pengguna bisa melihat grafik yang ditampilkan telah menunjukkan berapa lama pemakaian Instagram dalam satu minggu.

Copyright©The Verge

Kemudian, pengguna Instagram juga bisa mengatur pengingat waktu (reminder) sekaligus memberikan batasan waktu penggunaan. Selain itu, pengguna juga bisa menonaktikan notifikasi dari aplikasi, notifikasi ini sendiri akan mematikan secara sementara mulai dari 15 hingga 8 jam. Sehingga pengguna bisa menghindari keseringan memandangi Instagram. Tujuan untuk pembatasan waktu ini sendiri adalah untuk membantu penggunanya dalam mengatur waktu dalam menggunakan media sosial dengan bijak dan tidak berdampak pada kesehatan mental.

Bukan hanya Instagram, induk media sosial ini yakni Facebook kabarnya juga akan menghadirkan fitur yang serupa dan memiliki nama ‘Your time on Facebook’ yang diketahui akan dirilis pada tahun mendatang. Meskipun Instagram telah menghadirkan fitur ini untuk seluruh penggunanya, namun fitur ini akan diluncurkan secara bertahap dan belum diketahui kapan seluruh penggunanya bisa menikmati fitur tersebut.

Baca Juga : Instagram Siapkan Fitur Stories Khusus Untuk Pelajar, Apa Bedanya?