iPhone Gusur Posisi Android Di Pasaran!

0
574
Copyright @CNET

Pemsarana iPhone Naik Pada Kuartal Kedua

Eratekno.com – Menurut penelitian yang dilakukan firma riset Consumer Intelligence Reseacrch Partners (CIRP), perangkat iPhone yang berbasis iOS telah mencatatkan angka aktivasi mencapai 36 persen di pasar Amerika Serikat pada Kuartal 2 di 2018.

Pada periode yang sama, perangkat berbasis android telah mencatatkan angka aktivasi sebanyak 63 persen. Menurut laporan dari CIRP, pertumbuhan aktivasi dari perangkat iPhone berbasis iOS di produk besutan dari Apple telah meningkat secara year-on-year serta quarter-to-quarter.

Baca juga: iPhone X Edisi Murah Bakalan Kehilangan Fitur Ini?

“Pangsa aktivasi Apple iOS meningkat di kuartal terakhir dan pada tahun lalu,” Kata Josh Lowitz selaku partner & co-founder CRIP dikutip dari laman Kompastekno.

Copyright @Apple Insider

Tentu, tren tersebut berbalik dari tahun lalu, dimana pangsa pasar iPhone besutan Apple secara relative jatuh pada kuartal Maret 2017.  Dan pada kuartal kedua tahun ini, pihak CIRP mendapati tingkat loyalitas dari pengguna perangkat iOS telah meningkat.

Baca juga: Apple Hentikan Produksi iPhone X dan SE

Dari data yang telah diperoleh, 500 orang yang telah melakukan aktivasi smartphone baru di AS pada kuartal kedua tahun 2018 ini. Pangsa dari pasar pabrikan Apple di AS pun melambung tinggi dari titik terendah mereka pada September 2017 silam yang sudah muali menunjukan pertumbuhan pada bulan Desember.

Seperti pada momen libur natal dan tahun baru di AS kemarin, telah menjadi momentum pen jualan dari perangkat iPhone X yang mereka rilis pada November 2017. Dan pihak Apple pun melaporkan penjualan perangkat iPhone mereka mengalami peningkatan pada Februari 2018, meskipun secara jumlah penjualan mengalami penurunan 1,2 persen.

Peningkatan pangsa pasar Apple ini didorong oleh harga iPhone X yang mencapai 999 USD. Dimana menurut Mike Levin, peningkatan pangsa Apple tersebtu tak lepas dari Samsung yang mengalami penurunan pada pangsa aktivasinya.

“Dalam kuartal tanpa ada peluncuran ponsel andalan, pangsa pasar Samsung sama dengan milik Apple. Setahun lalu, Samsung memiliki pangsa penjualan yang besar,” imbuh Mike.

 

Baca juga: Jangan Pernah Ketik “Taiwan” di iPhone