iPhone Lawas Sengaja Diperlambat, Lantas Bagaimana Nasib iPad ?

0
415
[email protected]

iPhone Lawas Sengaja Diperlambat, Bagaimana Nasib iPad ?

Eratekno.com – Akhir tahun 2017 lalu, Apple yang menyatakan jika sengaja untuk memperlambat performa beberapa iPhone lawas melalui pembaruan software, mulai versi 10.2.1 yang diluncurkan setahun lalu.

Dimana performa dari iPhone lawas memang sengaja diturunkan untuk mencegah masalah ponsel yang mati mendadak disebabkan kondisi baterai yang terbilang usang atau lama.

Baca Juga : Uji Coba, Mi Note 3 Mampu Ungguli Kestabilan Kamera iPhone X !

Lantas bagaimana dengan iPad ? Produk tablet besutan Apple tersebut nampaknya tak mengalami nasib seperti saudaranya. Hal tersebut diungkapkan oleh pihak Apple dalam sebuah pernyataan dokumen support yang dikeluarkan pekan lalu.

iPhone-6
[email protected]

Fitur manajemen daya (yang menurunkan kinerja perangkat) secara spesifik hanya ditujukan untuk iPhone, tidak berlaku di produk-produk Apple lainnya,” sebut Apple

Bisa dibilang jika iPad masih tergolong “aman” dari penurunan performa yang sengaja dilakukan oleh pihak Apple. Lantas kenapa iPad tak mendapat perlakuan yang serupa ?

Jawabannya, seperti yang dihimpun oleh redaksi dari GSMArena, Selasa (16/1/2018), diperkirakan hal tersebut terkait dengan kapasitas baterai iPad yang berkali-kali lebih besari ketimbang iPhone.

Baca Juga : Pengguna Melaporkan, Desain iPhone X Dapat Sebabkan Rambut Rontok !

iPad Air 2 yang hadir pada 2014 tersebut, contohnya mempunyai daya baterai yang besar yakni 7.340 mAh (27,62 Wh) yang tergolong lebih tinggi ketimbang iPhone 6 (1.810 mAh/6,9 Wh) atau iPhone 6 Plus (2.915 mAh/11.1 Wh) dimana yang diluncurkan pada tahun yang sama.

Dengan bekal baterai yang lebih besar, tentu iPad dapat menangani beban proses yang tak stabil naik turun dengan lebih baik ketimbang punya iPhone. Itulah sebab masalah dibalik problem iPhone yang berpotensi mati mendadak yang akan diatasi oleh Apple dengan cara memperlambat perfoma tersebut.

Bukan itu saja, biasanya iPad juga terlihat jarang di-charge serta dipakai dalam kondisi dingin diluar ruangan sehingga hal tersebut dapat menurunkan kualitas baterai yang tergolong tak secepat milik iPhone tersebut.

Baca Juga : Pertumbuhan Android Masih Belum Mampu Dihentikan Oleh Performa iPhone X