iPusnas, Aplikasi Baca Buku Koleksi Perpustakaan Nasional!

0
434
iPusnas
copyright©Liputan6

Asyiknya Baca Buku Koleksi Perpustakaan Nasional di Aplikasi iPusnas

Eratekno.com – Bagi Anda yang suka membaca buku koleksi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) kini tak perlu khawatir harus datang ke lokasi. Berkat aplikasi iPusnas, siapa pun dapat membaca buku koleksi Perpusnas dimana pun melalui smartphone.

Tak hanya sekedar membaca, aplikasi yang  tersedia di platform Android dan iOS ini juga memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna lain melalui fitur-fitur layaknya media sosial. Pengguna dapat menerbitkan rekomendasi buku yang ia baca, menulis ulasan buku yang telah ia baca dan masih banyak lagi.

Tersedia dua opsi membaca yang dapat pengguna pilih yakni membaca secara online dan offline.

Baca juga: Facebook Uji Coba Tombol “Downvote”, Apa Fungsinya?

Fitur-fitur unggulan aplikasi iPusnas ini di antaranya adalah ePustaka yang memungkinkan pengguna menjadi anggota perpustakaan digital dan Feed yang berfunsgi untuk menampilkan aktivitas pengguna, informasi buku terbaru dan buku yang di pinjam pengguna lain.

Selain itum ada pula fitur rak butu virtual, Riwayat buku-buku yang telah pengguna pinjam akan tersimpan di rak buku rersebut. Dan terakhir adalah fitur e-Reader yang berfungsi untuk membantu pengguna membca e-Book melalui aplikasi ini.

iPusnas
copyright©Liputan6

Sementera itu ,Sebuah studi bertajuk World’s Most Literate Nation (WMLN) yang di lakukan oleh John Miller dari Central Connecticut State University in New Britain pada 2016 menunjukkan kemampuan literasi masyarakat Indonesia menempati urutan ke 45 dari 61 negara.

Baca juga: Google Maps Go Hadir di Smartphone Android Non-Go

Studi tersebut terutama meliputi tes pencapaian literasi dan karakteristik perilaku literasi, mulai dari jumlah perpustakaan, jumlah media masaa hingga ketersdian perangkat komputer di suatu Negara. Singapura menjadi Negara dengan kemampuan literasi terbaik berdasarkan studi ini. studi ini di ikuti oleh Finlandia, Koreo Selatan, Jepang dan Tiongkok.

Dengan angka adopsi perangkat di Tanah Air yang meningkat dari tahun ke tahun di harapkan akan memicu minat baca masyarakat Indonesia dalam membaca buku dalam format digital.

Dengan hadirnya aplikasi iPusnas ini seharusnya bisa menjadi angin segar bagi mereka yang tak punya banyak waktu untuk berkunjung ke perpustakaan untuk meminjam bukan sehingga meinat baca masyarakat Indonesia bisa menjadi lebih baik di masa depan.

     Baca juga Fitur Microsoft Satu Ini Bikin Penulisan CV Lebih Mudah Lho, Mau Coba?