Jangan Ketipu, Kenali 4 Modus Penipuan di Whatsapp Berikut Ini

0
128
Copyright©Daily Express

4 Modus Penipuan di Whatsapp yang Sering Terjadi

Eratekno.com – Belakangan ini, aplikasi pesan instant kembali ramai menjadi perbincangan banyak orang. Bukan karena kedatangan fitur baru lagi, melainkan adanya kasus penipuan yang memanfaakan Whatsapp sebagai medianya.

Nah terkait kasus tersebut, pada kesempatan kali ini kami memiliki ulasan tentang beberapa modus penipuan yang ada di aplikasi milik Facebook ini. Dengan adanya ulasan ini diharapkan bisa mengurangi korban dan membuat seseorang lebih waspada lagi. Dikutip dari laman okezone, yuk cari tahu jawabannya dibawah ini.

Baca juga: Pasti Akurat, Begini Cara Melacak Lokasi Orang Melalui Whatsapp

Arisan Whatsapp

Kalau kasus Arisan Whatsapp ini baru saja terjadi awal tahun ini, dimana kasus penipuan online ‘Mama Yona’ berhasil menipu sekitar 600 anggotanya dengan total kerugian mencapai Rp 15 Miliar. Dan yang paling baru terungkap 10 November 2018 kemarin, dimana telah membuat 253 peserta arisan kehilangan uang puluhan juta.

Copyright©Daily Express

Rekrutmen Perusahaan

Sebanyak 128 oran dilaporkan menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan salah satu perusahaan besar di Indonesia. Para korban ini disatukan dalam sebuah grup Whatsapp oleh seorang admin yang kemudian hilang tanpa jejak. Korban diminta datangke Stasiun Gambir dengan naik kereta Argo Lawu tujuan Yogyakarta, selain korban juga diminta menyetor uang kisaran Rp 5-10 juta.

Baca juga: Mudah Banget, Begini Cara Daftar Whatsapp Tanpa Nomor HP

Undian Berhadiah

Ada juga penipuan berkedok undian berhadiah yang mengatasnamakan Whatsapp. Penipu ini menawarkan hadiah yang menarik mulai dari mobil hingga rumah. Perlu diketahui, jika Whatsapp saat ini tidak berdiri sebagai badan hukum PT (Perseroan Terbatas) di Indonesia, untuk mencegah bertambahnya korban, maka sebaiknya anda tidak mengklik tautan yang disebarkan.

Pinjam Uang

Nah kalau penipuan di Whatsapp yang inisudah sering terjadi belakangan ini. Dimana ada modus penipuan yang menggunakan sebuah akun Whatsapp palsu, lalu para pelaku ini menyamar sebagai saudara atau rekan dari korban.

Pelaku nampak meyakinkan karena menggunakan foto profil dan informasi kontak dari orang tersebut. Setelah itu pelaku menyebarkan pesan yang intinya meminjam uang dengan iming-iming bakal diberikan komisi nantinya waktu pengembalian.

Baca juga: Bukan Hanya Stiker WhatsApp, Emoji Juga Bisa Dibuat Sendiri, Begini Caranya!