Jangan Pernah Pasang Pelindung Layar di HP Android Samsung ini, Berbahaya!

0
1742
Copyright©trusted Reviews

Pelindung Layar di HP Android Samsung Bisa Memanipulasi Fingerprint

Eratekno.com – Seperti kita ketahui, jika pelindung layar atau lebih sering disebut sebagai Screen Guard sering kali digunakan sebagai pelindung agar nantinya layar smartphone tetap aman dari goresan maupun benturan saat digunakan.

Akan tetapi, rupanya menggunakan pelindung layar di HP Android Samsung yang memiliki fingerprint dalam layar bukanlah ide baik, dan malah jangan dilakukan. Khususnya untuk kalian yang menggunakan smartphone Galaxy S10 dan Galaxy Note 10.

Baca juga: HP Android RAM 8GB Ini Turun Harga Hingga Jutaan Rupiah, Mau Beli?

Hal ini dikarenakan, sensor sidik jari yang ada didalam HP Android tersebut bisa saja tertipu karena pemakaian pelindung layar tertentu. Celah ini pertama kali ditemukan oleh wanita asal Inggris yang kebetulan menggunakannya.

Copyright©Twitter

Saat itu, suaminya bisa membuka kunci dari HP Android Samsung miliknya menggunakan sidik jari dilayar, padahal sidik jari sang suami tidak tersimpan atau didaftarkan dalam ponsel tersebut.

Baca juga: Mau Beli Redmi Note 8 ? 3 Kekurangan Ini Wajib Kamu Ketahui !

Hal ini rupanya sensor sidik jari didalam layar HP Android tersebut terganggu, akibatnya ada sedikit celah udara antara layar dan juga pelindung layar tersebut. Dengan begini sensor ini pun tidak menjalankan tugasnya dengan benar.

Menyedari masalah tersebut, maka pihak Samsung pun menghimbau kepada konsumennya khususnya mereka yang menggunakan HP Android tersebut untuk tidak memakai pelindung layar sampai ditemukan solusinya.

“Jika anda saat ini menggunakan pelindung layar, untuk memastikan pemindaian sidik jarinya optimal, silahkan melepas pelindung itu sampai perangkatnya diperbarui menggunakan patch software terbaru,” tulis pihak Samsung dalam sebuah pernyataan.

Rupanya, masalah ini bisa terjadi di seluruh HP Android Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy S10, dimana keduanya menggunakan sensor sidik jari dibawah layar dengan memanfaatkan teknologi pemindai ultrasonik untuk membuat gambar tiga dimensi dari jari pengguna.

Sebelumnya pihak Samsung juga sudah mengingatkan pengguna jika pelindung layar tertentu bisa mengganggu sistem keamanan tersebut. Maka dari itu pihak Samsung secara khusus menyediakan pelindung layar pada HP Android miliknya dengan harga USD 20.

Baca juga: Versi ‘Murah’ Samsung Galaxy S10 Dalam Perjalanan, Harganya?