Jangan Terkecoh, Aplikasi WhatsApp Ini Ternyata Menyimpan Bahaya Mengerikan !

244
Copyright©FInansial Times

Diklaim Tawarkan Fitur Premium, Aplikasi WhatsApp Ini Ternyata Berbahaya !

Eratekno.comMeski diterpa berbagai isu mengenai keamanan aplikasinya, WhatsApp masih menjadi aplikasi pesan singkat yang paling populer dan bahkan punya lebih dari 2 milliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Ditengah kepopuleran WhatsApp, penipuan yang mempromosikan WhatsApp Gold mendadak ramai kembali di media social. Penipuan ini menjanjikan aplikasi chatting versi khusus dengan fitur-fitur tersembunyi yang di gunakan oleh selebriti dan orang kaya.

Dilansir dari laman Metro pada Sabtu, 28 Maret 2020 berdasarkan keterangan beberapa orang yang telah terkecoh dengan penipuan ini mereka menemukan pesan yang mengatakan WhatsApp versi khusus telah tersedia.

Baca juga : Jarang Diketahui, Begini Cara Sembunyikan Status “Typing” di WhatsApp !

“Hey, akhirnya WhatsApp versi emas yang rahasia telah keluar. Versi ini hanya digunakan oleh selebriti ternama. Sekarang kita juga bisa gunakan,” tulis pesan tersebut.

Chat tersebut biasanya ditemani dengan sebuah tautan untuk mengunduh WhatsApp Gold. Apabila menemukan pesan dengan tautan itu, jangan di klik karena kamu bisa saja mengunduh malware yang berbahaya.

Copyright©Inharare

WhatsApp sendiri juga telah mengomentari keberadaan WhatsApp Gold yang juga dikenal sebagai WhatsApp Plus. Melalui halaman FAQ di situsnya, WhatsApp mengatakan bahwa aplikasi tersebut tidak dikembangkan oleh mereka.

Baca juga : Biar Gak Bosan, Begini Cara Bikin Teks di WhatsApp Kalian Makin Unik!

Berdasarkan laporan lainnya, penipu yang memanfaatkan hoax WhatsApp Gold juga memperingatkan adanya video bernama ‘Dance of the Pope’ yang jika dibuka bisa menghapus isi ponsel. Padahal tidak diketahui video ini benar-benar ada atau tidak karena pesan tersebut hanya berisi teks.

Hoax WhatsApp Gold ini sebenarnya telah di manfaatkan oleh penipu sejak tahun 2016. Pada awal tahun 2019, hoax ini juga sempat beredar lagi dengan isi pesan yang sama. Dan untuk kasus tahun 2019, hoax WhatsApp Gold juga memperingatkan adanya sebuah video yang di kirimkan oleh WhatsApp berjudul Martinelio yang jika di tonton bisa menginfeksi smartphone.

Padahal tidak ada indikasi bahwa video ini eksis alias hoax. Sama seperti hoax WhatsApp Gold, hoax video Dance of the Pope dan Matinelli juga telah beredar sejak lama. Pakar keamana siber pun mengimbau pengguna agar tak meneruskan pesan-pesan berisi hoax tersebut agar tak membuat pengguna lain panic dan bingung.

Baca juga : WhatsApp Dapat Ulasan Jelek di Google Play Store, Kenapa YA?